• 19 April 2024

Rahasia Mempercantik Tanaman Hias

uploads/news/2020/10/percantik-tanaman-hias-dengan-9940199531e3693.jpg

Keunggulan dan manfaat Semirdaun yaitu untuk mengkilapkan daun (membersihkan dari debu dan noda), untuk melindungi (mencegah dari serangga dan kutu) dan ketiga untuk menyuburkan (mengandung ZPT).”

JAKARTA - Bagi Sahabat Tani yang memiliki tanaman hias seperti aglaonema (sri rezeki), philodendron, diffenbachia, anthurium, codiaeum (puring), sansievera (lidah mertua) dan palem-paleman, serta ingin mempercantik daunnya bisa mencoba Semirdaun.

Ya, Semirdaun merupakan produk pengkilap daun tanaman hias yang berdaun indah atau lebar.

Baca juga: Nilai Jual Tinggi si Variegata

Selain untuk memperindah daun, Semirdaun juga dapat mengangkat kotoran dan debu.

Semirdaun mengandung zat pengatur tumbuh (ZPT) yang berfungsi sebagai hormon atau pupuk cair untuk merangsang pertumbuhan tanaman sehingga tanaman hias terawat dengan baik.  

Siapa pencetus ide produk Semirdaun ini?

Ialah Dr. Elis Nina Herliyana, dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) University dari Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan dan Lingkungan.

Ia mengatakan, jenis tanaman yang cocok dan baik dalam menggunakan semir daun yaitu jenis tanaman hias berdaun indah dan tanaman dalam ruangan (indoor).

Seperti aglaonema (sri rejeki), philodendron, diffenbachia, anthurium, codiaeum (puring), sansievera (lidah mertua) dan palem-paleman.

"Keunggulan dan manfaat Semirdaun yaitu untuk mengkilapkan daun (membersihkan dari debu dan noda), untuk melindungi (mencegah dari serangga dan kutu) dan ketiga untuk menyuburkan (mengandung ZPT)," ungkapnya dalam keterangan tertulis IPB University belum lama ini.

Saat ini, menurutnya Semirdaun banyak digunakan oleh para pehobi tanaman dan rental tanaman.

Perawatan ini juga menjaga tanaman untuk selalu tampil lebih prima.

Semir daun juga dipasarkan di Botani Mart IPB University.

Untuk pemasaran daring juga bisa melalui Planteria.id.

Harganya Rp25.000 per 100 mililiter," imbuhnya.

Baca juga: Aglaonema, Ratu Daun yang Diburu

Ia berharap, ke depan penggunaan Semirdaun menjadi kebutuhan bagi para pehobi tanaman di dalam perawatan dan menjaga keindahannya (estetika).

Selain itu, pendistribusiannya juga menjadi lebih luas dan customer lebih mudah mendapatkan produk ini. 

Related News