• 15 May 2024

Tiga Jenis Durian Top Indonesia

uploads/news/2020/11/tiga-jenis-durian-top-497105c78a3eefb.jpg

Bahkan kami yang sudah panen ber ton-ton seringkali cepat kehabisan akibat permintaan dari masyarakat, khususnya ketiga jenis durian yang disebutkan.”

JAKARTA - Sahabat Tani pastinya sudah tidak asing dengan durian.

Tekstur buahnya yang halus, lembut dan memiliki rasa manis yang khas, membuat buah ini menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia.

Durian yang tumbuh di berbagai daerah ini, memunculkan ragam jenis rasa yang sangat bervariasi.

Baca juga: Rahasia Budidaya Durian di Polybag

Untuk Sahabat Tani yang mengaku sebagai pecinta durian, wajib mengetahui dan mengenal beberapa jenis durian yang paling banyak digemari di Indonesia.

Agus, petani durian di Harum Nursery mengungkap tiga varietas atau jenis durian yang paling banyak dicari oleh para konsumen.

Yang pertama adalah duri hitam atau durian ochi. Jenis durian ini bisa dihargai kurang lebih sekitar Rp2.500.000 per buahnya,” kata Agus saat ditemui di Jalan Amil Kiman, RT 06 RW 03, Kelurahan Kunciran Jaya, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, oleh tim Jagadtani.id belum lama ini.

Agus menjelaskan, ciri-ciri pohon durian duri hitam yang bagus dapat dilihat dari bentuk daunnya yang sedikit lebar, serta warna daun mudanya yang mengkilap.

Kalau dilihat sekilas memang sama warnanya, terlihat hijau. Namun perlu diperhatikan dari ciri-ciri daunnya seperti ini. Bentuk tulang daun nya pun berbeda dibandingkan dengan durian bawor,” jelas pria kelahiran 1994 itu.

Kedua, durian jenis musang king yang memiliki ciri-ciri pohon dengan daun yang panjang, serta permukaannya yang sedikit lebar dan memiliki tekstur daun yang tipis.

Jenis yang kedua ada musang king. Harganya bisa mencapai Rp1.000.000, 1 kilogram-nya bisa mencapai Rp250.000 per kilogram,” ujar Agus.

Tak kalah rasa dengan jenis duri hitam dan musang king, selanjutnya yaitu jenis bawor asal Kabupaten Banyumas yang juga ramai dicari oleh para pecinta durian.

Ciri-ciri fisik dari pohon durian bawor dapat dilihat melalui bentuk daunnya yang lebih kecil.

Selain itu, warna daunnya lebih hijau dibandingkan dengan daun durian lainnya, serta bentuk tulang daun yang lebih terlihat dan tekstur daun yang lebih keras.

Ketiga, durian montong bawor asli dari Banyumas. Sekarang lagi naik daun, lagi ramai diperbincangkan. Harganya sekarang di pasaran rata-rata Rp100.000-150.000 per kilogram. Beratnya juga besar, bisa mencapai 7 kilogram. Tapi, rata-rata peminatnya yang berada di bawah 7 kilogram, yaitu 5 kilogram. Karena rata-rata yang beratnya 7 kilogram rasanya mulai kurang manis,” paparnya.

Baca juga: Cara Efektif Durian Cepat Berbuah

Beragam jenis durian seperti duri hitam, musang king, dan bawor, kini menjadi varietas atau jenis yang ramai dibudidayakan para petani buah pada tujuh tahun terakhir ini.

Jumlah petani durian dari ketiga jenis durian tersebut kini terus bertambah, seiring permintaan dari masyarakat yang kian membludak.

Bahkan kami yang sudah panen ber ton-ton seringkali cepat kehabisan akibat permintaan dari masyarakat, khususnya ketiga jenis durian yang disebutkan,” tutupnya.

Related News