• 25 April 2024

Kenali Berbagai Jenis Ikan Louhan

uploads/news/2021/01/kenali-berbagai-jenis-ikan-484410b8abae60d.JPG

Budidaya ikan louhan semakin banyak diminati orang karena harganya yang bisa melambung tinggi.

TANGERANG - Sahabat Tani pastinya sudah tidak asing lagi dengan ikan yang memiliki benjolan besar di kepalanya ini.

Ya, ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan yang sering menghiasi akuarium masyarakat Indonesia.

Ikan yang satu ini sering disebut juga dengan nama flowerhorn, karena warna sisik pada tubuhnya yang menyerupai bunga berwarna cerah dan menarik perhatian pecinta ikan hias.

Baca juga: Cara Jitu Memelihara Ikan Hias

Sebagian orang percaya, jika ikan ini akan memberikan keberuntungan bagi pemiliknya.

Budidaya ikan ini pun semakin banyak diminati orang karena harganya yang bisa melambung tinggi.

Namun, ikan louhan juga memiliki beberapa jenis.

Ade Ayu, penghobi ikan louhan yang tinggal di Jalan Moh. Simin No.18, Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, menjelaskan jenis-jenis ikan louhan yang cocok untuk dipelihara di dalam rumah.

Kamfa

Menurut Ayu, ciri khas dari ikan louhan kamfa yaitu, memiliki warna dominan merah cerah dan juga bintik-bintik silver, mulai dari kepala hingga ujung ekor.

Ciri lainnya adalah terdapat bintik horizontal di tubuhnya yang terlihat lebih rapi dan juga solid dibandingkan ikan louhan yang lain,” ujarnya.

Cencu

Ikan louhan yang satu ini menjadi salah satu jenis ikan louhan yang direkomendasikan Ayu untuk Sahabat Tani pelihara.

Ciri khas dari ikan louhan yaitu mempunyai pola bintik di tubuhnya yang cenderung mempunyai warna merah, karena itu di Indonesia ikan louhan ini juga terkenal dengan sebutan ikan louhan mutiara.

Ciri lain yang bisa Sahabat Tani temukan adalah terdapat dua warna di tubuhnya, yaitu emas dan perak. Mulai bagian kepala sampai bagian tengah tubuhnya terdapat warna merah. Sedangkan di bagian tengah tubuhnya sampai dengan ekor memiliki warna kuning agak keemasan,” ujar wanita asal Bali tersebut.

Keunikan inilah yang menjadikan ikan louhan cencu memiliki banyak peminat.

Baca juga: Ikan Koi yang Tak Tergantikan

Cencu ini harganya juga yang lumayan terjangkau di pasaran mangkanya kenapa banyak yang memelihara ikan ini,” tambahnya.

Golden base

Golden base memiliki ciri dan keunikan yang sangat khas diantara jenis ikan louhan lainnya, yaitu sekujur tubuhnya berwarna kuning kemerahan.

Meski bentuknya sama, namun jenis ini tidak seperti ikan louhan lainnya.

Ikan (louhan) jenis golden base ini tidak memiliki marking seperti louhan lainnya. Boleh dikatakan, bahwa louhan golden base adalah louhan free marking, alias tanpa ada gambar hitam di tubuhnya,” tutupnya.

Related News