• 19 April 2024

Salad Tumbuh Di Luar Angkasa

Eksperimen yang dilakukan NASA yaitu mencoba menanam daun selada jepang mizuna.

WASHINGTON DC - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menanam sayuran di luar angkasa setelah melakukan eksperimen baru. Setelah berhasil, mereka pun akhirnya panen perdana sayuran jenis selada. Memang, NASA seringkali melakukan berbagai eksperimen. Kali ini, eksperimen yang dilakukan NASA yaitu mencoba menanam daun selada jepang. Daun selada ini mereka tanam di tempat khusus berjuluk VEGGIE.

Setelah 28 hari masa tanam, para astronaut NASA akan memanen daun selada tersebut, lalu dikirim ke Bumi. Setelah sampai di Bumi, daun selada akan dilakukan pengecekan untuk menentukan nilai gizi dan kelayakan untuk dikonsumsi. Namun, beberapa astronaut yang memiliki hak khusus dalam eksperimen ini sering memakan daun selada tersebut.

“Astronot NASA Jessica Meir menyirami daun selada jepang mizuna itu ditanam untuk eksperimen dengan nama Veg-04B. Investigasi ini adalah bagian dari proyek penelitian bertahap untuk mengatasi kebutuhan sistem produksi pangan segar berkelanjutan di ruang angkasa dan berfokus pada efek kualitas cahaya dan pupuk pada tanaman berdaun,” kata Kepala NASA, Johnson Space seperti melansir Express (31/10).

Karena jarak yang sangat jauh dengan planet dan bulan di tata surya, akses ke makanan dan air segar menjadi sangat penting. Para astronaut ini hidup pada jarak 402 km di luar planet dan tinggal di kapal kargo yang diluncurkan ke luar angkasa dan dapat mencapai stasiun ruang angkasa hanya dalam waktu enam jam.

Selain takut kekurangan makanan, masalah lain yang sering dihadapi seorang astronaut dalam perjalanan jauh penyakit fisik yang disebabkan gaya berat mikro, paparan radiasi ruang yang berkepanjangan, dan efek psikologis karena tinggal di luar angkasa.

Dengan menumbuhkan tanaman di stasiun luar angkasa, setidaknya dapat mengatasi satu dari permasalahan yang dihadapi oleh para astronaut NASA. Selain itu, menanam sayuran di luar angkasa juga dapat membantu untuk meningkatkan semangat para astronaut.

Related News