• 20 April 2024

Atasi Masalah Perut dengan Kedawung

uploads/news/2021/02/atasi-masalah-perut-dengan-21849494440721c.jpg

Kedawung ini khasiatnya banyak sekali, dari mulai menghilangkan kram perut, kembung, sembelit, sampai kolesterol.”

JAKARTA - Indonesia memang kaya akan rempah-rempah yang memiliki jutaan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Namun, pernahkah Sahabat Tani mendengar rempah biji kedawung?

Kedawung merupakan salah satu dari sekian rempah yang tidak kalah menyehatkan.

Biji kedawung bisa menjadi bahan jamu-jamuan herbal untuk mengatasi nyeri menstruasi tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Beras Kencur Sendiri

Kedawung sendiri memang dikenal sebagai tumbuhan obat penting dalam industri jamu, terutama bijinya.

Khasiatnya yang paling terlihat yaitu sebagai antibakteri dan digunakan dalam pengobatan tradisional untuk infeksi dan gangguan perut.

Salah satu yang menggunakan biji kedawung yaitu penjual jamu asal Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Umi hidayati.

Umi mengungkapkan, banyak pembelinya yang sembuh dari penyakit sembelit dan nyeri pada menstruasi setelah mengkonsumsi jamu yang menggunakan biji kedawung.

Kedawung ini khasiatnya banyak sekali, dari mulai menghilangkan kram perut, kembung, sembelit, sampai kolesterol,” ucapnya kepada Jagadtani,id belum lama ini.

Selain bijinya, pohonnya sendiri termasuk spesies pohon hutan yang besar dengan tajuk (canopy) termasuk ke dalam strata A (strata tajuk tertinggi), bersifat intoleran (tidak suka naungan), sehingga akan selalu membutuhkan cahaya matahari selama masa hidupnya.

Oleh karena itu, regenerasi pohon ini secara alami di hutan tropika primer sangat sulit terjadi.

Hal ini ditunjukkan dengan sulitnya menjumpai individu pohon remaja di habitat hutan alam.

Kedawung sendiri hidup soliter dengan sesamanya, tetapi hidup berdampingan dan menaungi berbagai spesies tumbuhan lain yang tumbuh di bawahnya dengan beraneka bentuk habitus seperti pohon liana, perdu maupun tumbuhan bawah.

Baca juga: Cara Membuat Kunyit Asam Sendiri

Setahu saya, yang menanam pohon kedawung ini kalau di daerah kota belum banyak ya. Saya sendiri kalau beli ya di kampung (Jawa Tengah), tapi kalau memang mau mencari ya ke pasar tradisional yang lengkap sih pasti ada. Karena itu bahan wajib untuk membuat jamu, khususnya beras kencur dan manisan jahe,” tambah ibu anak satu ini.

Umi juga mengatakan, sejak jaman dulu, kedaung juga sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat penyakit seperti kolera, radang usus, juga cacingan, cacar air.

Daun atau pepagannya itu bisa dipakai sebagai obat untuk bisul dan luka. Gerusan polongnya lalu dicampur dengan air dipakai jadi sampo. Dari dulu Manfaat biji kedawung sebagai obat tradisional sudah diterapkan oleh masyarakat Jawa. kebanyakan sebagai bahan campuran untuk pengobatan atau jamu,” tutupnya.

Related News