• 28 March 2024

Agar Jenong Louhan Tumbuh Sempurna

uploads/news/2021/02/agar-jenong-louhan-tumbuh-358030b8abae60d.JPG

Kalau cara membuat benjolan itu dengan merangsang melalui pakan yang mengandung protein tinggi, misalnya, udang, cacing, atau daging salmon.

JAKARTA - Louhan merupakan ikan yang identik dengan benjolan di kepalanya.

Hal ini membuktikan, semakin besar benjolannya semakin mahal pula harga sang louhan.

Namun, apakah Sahabat Tani tahu?

Dibalik benjolan tersebut, pemilik atau breeder pasti telah melakukan perawatan khusus untuk mencetak benjolan yang sempurna.

Seperti yang dilakukan pemilik Galeri Ayu Louhan yang berlokasi di Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Ade Ayu, memberikan rahasianya kepada Sahabat Tani mengenai cara menumbuhkan benjolan louhan.

“Kalau cara membuat benjolan itu dengan merangsang melalui pakan yang mengandung protein tinggi, misalnya, udang, cacing, atau daging salmon. Tapi kalau untuk di Galeri Ayu Louhan kita sudah ada pakan yang menyangkut semuanya yaitu pelet Ayu Louhan,” ujarnya.

Karena memiliki kondisi fisik yang unik, tidak sembarang orang pun bisa merawat louhan dengan baik.

Pasalnya, cara perawatan yang dilakukan pada si ikan dapat mempengaruhi keindahan benjolan dan warna kulitnya.

Selain melalui makanan yang mengandung protein tinggi, pH air juga sangat mempengaruhi kesehatan mental si ikan.

Apalagi jika jarang dibersihkan, benjolan pada ikan akan kempes karena sakit akibat kuman.

“Tetapi semua kembali ke bakat atau genetik si ikan tersebut, kalau memang indukannya bagus dan cantik anaknya juga pasti akan mengikuti,” ucapnya.

Ayu juga mengatakan, Sahabat Tani harus memastikan ukuran akuarium cukup luas untuk louhan bisa leluasa berenang.

Jadi, kalian perlu melihat ukuran louhan dan menyesuaikannya dengan ukuran akuarium yang dimiliki.

“Oh iya, jangan lupa untuk tetap melatih mental dengan cara dimainkan menggunakan kaca atau kalau saya pribadi sih menggunakan wayang louhan agar lebih galak. Maka dari itu ukuran akuarium haruslah disesuaikan dengan si louhan, jangan sampai mereka merasa kesempitan karena bahaya bisa saja stres,” paparnya.

Apabila Sahabat Tani ingin si jenong tumbuh sehat, cantik, dan jauh dari segala macam penyakit, pilihlah makanan ikan louhan yang berkualitas.

Jangan khawatir, lanjutnya, dengan harga cukup terjangkau kalian bisa mendapatkan pakan berkualitas di toko-toko ikan terdekat.

Related News