• 6 December 2022

Membedakan Aglaonema Lokal Dengan Import

“kalau cara membedakannya itu bisa dilihat dari daunnya, kalau aglaonema import terlihat lemas dan tidak segar kalau lokal selalu terlihat tegak dan segar"


Tangerang – Adakah sahabat tani yang memelihara tanaman cantik ini? Ya, Daun tanaman hias aglaonema ini paling populer di Indonesia. Itu Karena warnanya yang cantik dan dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Tanaman hias aglaonema sering dijuluki sebagai “Ratu Daun” yang paling eksotis. Aglaonema adalah jenis tanaman hias daun yang cukup populer. Tanaman ini terdiri dari 30 lebih spesies yang tersebar luas termasuk di negara Indonesia.

Julukan lain dari aglaonema adalah Sri Rejeki atau di luar negeri dikenal sebagai Chinese Evergreen. Artinya adalah tanaman terbaik untuk para pemula atau bagi mereka yang sibuk beraktifitas di luar rumah. Sebab, bunga aglonema ini dapat mentolerir sebagian cahaya dan tumbuh baik di tempat yang terang. Selain itu, jenis aglaonema adalah tanaman yang akan baik-baik saja jika diletakkan di ruangan kantor dengan cahaya lampu neon.

Baca JugaAglaonema, 'Tanaman Sultan' Asli Indonesia

Bahkan kecantikannya mampu menarik perhatian pecinta tanaman hias karena warnanya yang eksotis dan memanjakan mata. Jenis Aglaonema sendiri ada berbagai macam, namun sahabat tani harus bisa membedakan aglaonema lokal dengan impor, Bagaimana caranya?

Faisal, pemilik Amelia Garden yang berada di Pondok Kacang Timur, Tangerang selatan akan memberi tahu sahabat tani cara membedakannya. “kalau cara membedakannya itu bisa dilihat dari daunnya, kalau aglaonema import terlihat lemas dan tidak segar kalau lokal selalu terlihat tegak dan segar. Sebenarnya kalau menurut saya aglaonema itu bagusan yang local karena dari rantingnya, daunnya, bahkan warnanya itu lebih kuat,” Ujar Faisal Saat ditemui Jagadtani.id baru-baru ini.

Baca JugaMerawat Sri Rejeki yang Menawan

Walaupun begitu, Faisal mengaku saat ini para pembeli sudah banyak yang pintar dan bisa membedakan aglaonema yang tidak hanya cantik warnanya tetapi kuat dan tahan lama. “sekarang pembeli sudah banyak sih yang bisa membedakan local atau import, tetapi tetap kebanyakan Sukanya import karena warnanya yang cerah dan ukurannya stabil semua,” tuturnya.

Menurut Faisal, aglaonema juga termasuk tanaman yang rentan karena jenis tanaman ini tidak bisa menetap di suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin. “aglaonema ini sebenarnya termasuk tanaman hias yang rentan, apalagi kalau aglaonema yang baru datang dari Thailand atau China, dia lumayan susah beradaptasi kalau tidak tahan bisa sampai mati. Karena kan beda cuaca dengan Indonesia, Jadi kalau di taruh di dalam ruangan yang Full AC sebenarnya bisa saja tetapi harus di rawat sebaik mungkin. Nah kalau sahabat tani ragu, bisa gunakan sistem karantina yang cukup sampai dirasa aglaonema steril dari penyakit,” Jelasnya.

Baca JugaMenata Tanaman Hias di rumah

Untuk memastikan kesehatan tanaman, usahakan sahabat tani tak hanya melihat dari daun yang menarik, tapi juga akar dan batang bawah. Semakin banyak ditemukan kebusukan di akar dan batang bawah, makin tak sehat tanaman.

Related News