• 31 January 2023

Memanfaatkan Limbah Kelapa untuk Tanaman

Selain membantu lingkungan dari tumpukan sampah yang tidak terpakai, menggunakan limbah serabut kelapa sangat awet digunakan untuk jangka waktu yang lama

JAKARTA – Sahabat Tani suka dengan buah kelapa?

Buah kelapa memiliki peminat yang cukup tinggi di Indonesia.

Selain segar dan menyehatkan bagi tubuh manusia, buah kelapa dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, dimulai dari daun hingga akarnya.

Dalam dunia pertanian, limbah kelapa sendiri seperti serabut kelapa dapat dimanfaatkan oleh para petani sebagai media tanam yang baik.

Sidik, salah satu petani anggrek di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, mengaku hampir 20 tahun memanfaatkan serabut kelapa sebagai media tanam di kebun anggreknya.

“Serabut kelapa ini berasal dari para pedagang-pedagang kelapa di pasar, daripada sayang dibuang tidak bermanfaat, akhirnya saya datang ke mereka dan meminta sabut kelapa yang sudah tidak dipakai untuk dimanfaatkan sebagai media tanam,” kata Sidik saat ditemui oleh tim Jagadtani.id di kebunnya yang berlokasi di jalan Kampung Nomor 33, RT 02/ RW 09 Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, belum lama ini.

Baca juga : Cerita Pemanfaatan Kelapa di Merauke

Tanpa perlu mengeluarkan sepeser rupiah pun, Sidik bisa memperoleh berkarung-karung sabut kelapa dari para pedagang di pasar.

“Mereka justru senang saat saya datang untuk ambil sisa-sisa serabut kelapa itu, katanya jadi lebih bermanfaat daripada jadi tumpukan sampah,” ungkap ayah dari enam anak itu.

Sidik mengatakan, selain membantu lingkungan dari tumpukan sampah yang tidak terpakai, menggunakan limbah serabut kelapa sangat awet digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Bagi Sidik, selain hemat, kelebihan limbah serabut kelapa juga mampu menyuburkan tanaman.

“Bisa pakai media tanam lain, namun hebatnya dari serabut kelapa ini, bisa bertahan selama satu tahun. Jadi awet untuk digunakan jangka waktu yang lama, lebih hemat juga,” jelas Sidik.

Sidik mengungkapkan, serabut kelapa sebagai media tanam mampu mengikat dan menyimpan air dengan kuat, menjadi drainase yang baik, sesuai dengan daerah panas dan mengandung unsur-unsur hara yang dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Baca juga: Indahnya Merangkai Bonsai Kelapa

Selain itu, alternatif lain dari penggunaan sabut kelapa ini yaitu juga bisa dijadikan sebagai pupuk.

Bagian serabut sekaligus tempurung kelapa yang sudah terpotong-potong itu, Sidik letakkan mengelilingi batang anggrek yang ditanam.

“Bertahun-tahun pakai serabut kelapa ini hasilnya bagus. Ketika musim kemarau datang, tanaman jadi tersimpan cadangan air di serabut kelapa ini. Sehingga tidak akan mati akibat kekeringan,” tutupnya.

Related News