• 28 February 2024

Menanti Agro Eduwisata Ramah Anak

uploads/news/2021/03/jakarta-dirikan-agro-eduwisata-13109f99173c790.jpg

"Kegiatan Agro Eduwisata ini dapat menanamkan mindset yang bagus kepada anak-anak, kita alihkan perhatian anak-anak ke tempat-tempat yang bermanfaat,"

JAKARTA - Pemerintah provinsi DKI Jakarta menekankan pentingnya mengenalkan alam pertanian kepada anak-anak sejak dini melalui agro eduwisata.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan Pemprov DKI Jakarta terus mengupayakan kerja sama untuk menambah pembangunan agro eduwisata.

Ia ingin membiasakan masyarakat bersinergi dengan alam pertanian khususnya untuk anak-anak.

"Kegiatan Agro Eduwisata ini dapat menanamkan mindset yang bagus kepada anak-anak, kita alihkan perhatian anak-anak ke tempat-tempat yang bermanfaat," ujar Riza saat mengutip dari laman Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Provinsi DKI Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Kavling Baru Taman Anggrek Ragunan

Lebih lanjut, Riza mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan terus menambah jumlah agro eduwisata di ibu kota dengan memanfaatkan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang masih kosong.

"Groundbreaking ini semoga mendapat ridho dari Allah SWT. Ini lokasinya dekat, cepat, lahannya luas. Anak-anak pasti senang, apalagi di sini ada pesawat. Pada 2020, kami sudah bangun agro eduwisata di Ragunan, Cilangkap, Cibubur, Ciganjur, dan Kamal Muara," ujarnya.

Perencana Agro Edukasi dan Wisata Halim Perdana Kusuma, Andro Tunggul Namureta menjelaskan, konsep yang dikembangkan pada Agro Eduwisata ini yaitu integrated farming.

Selain itu, nantinya ada juga kavling-kavling yang dibuat agar anak-anak dapat ikut terlibat belajar menanam dan memanen.

Masyarakat juga bisa merasakan pengalaman bertani secara langsung setelah mengunjungi agro eduwisata ini.

"Mengutamakan edukasi dan agro-nya. Jadi, bukan hanya jalan-jalan. Bertani padi, jadi anak-anak merasakan pengalaman itu. Pesan-pesan moral seperti itu yang ingin disampaikan," jelasnya.

Baca juga: Pacar Air, Si Pewarna Alami

Tak hanya itu, nantinya tempat wisata itu akan menyajikan teknologi pertanian tradisional sampai modern dilengkapi oleh sarana-sarana pendukung yang menarik.

Ia menjelaskan, akan banyak menggunakan bahan natural, seperti kayu dan bambu.

Bekerja sama dengan Komandan Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Marsma TNI Purwoko Aji Prabowo, ia menjelaskan latar belakang pembangunan tersebut yaitu adanya area persawahan yang cukup luas di kawasan Bandara Halim Perdana Kusuma yang dapat dimanfaatkan menjadi lokasi agro eduwisata.

"Saat mau panen, kami sampaikan kepada pemerintah, kepada Pak Wagub. Akhirnya, tercetus ide agro eduwisata. Mudah-mudahan bisa terealisasi tahun ini," ucap Marsekal Muda TNI, Purwoko Aji Prabowo.

Related News