• 20 July 2024

Mengenal Jeruk Sambal Sari Agrihorti

uploads/news/2021/03/mengenal-jeruk-sambal-sari-472492f97967e98.jpg

Balitbangtan Kementerian Pertanian terus mengembangkan varietas jeruk dengan kualitas ekspor dan tidak kalah dengan produk negara lain.

JAKARTA - Siapa nih Sahabat Tani yang tidak suka dengan jeruk?

Buah segar dengan rasanya yang asam ini memang dikenal memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Tidak hanya sering dijadikan sebagai jus yang menyegarkan, jeruk juga sering dijadikan pelengkap untuk keperluan memasak.

Buah ini sering digunakan untuk membuat rasa makanan menjadi terasa lebih segar, misalnya pada pembuatan makanan berkuah seperti soto atau sering menjadi bahan pelengkap pada pembuatan sambal.

Baca juga : Menjaga Kelestarian Manisnya Jeruk Siompu

Salah satu jenis jeruk yang sering kita temui yaitu Jeruk Sari Agrihorti.

Bahkan, Sari Agrihorti yang juga dikenal masyarakat dengan ‘jeruk sambal’ karena sangat, sering digunakan sebagai bahan untuk menambah rasa dalam membuat sambal.

Buah yang resmi dirilis dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2015 ini, merupakan salah satu varietas jeruk fungsional yang dikembangkan oleh balitbangtan dan dapat dimanfaatkan sebagai olahan maupun bahan baku industri.

Balitbangtan sendiri terus mengembangkan varietas jeruk dengan kualitas ekspor dan tidak kalah dengan produk negara lain.

Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry mengatakan, pihaknya memiliki koleksi sumber daya genetik (SDG) jeruk cukup besar serta telah menghasilkan benih pokok jeruk bebas penyakit yang dikelola Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) dan tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia.

"Dengan adanya pengembangan buah jeruk oleh Kementan di Balitjestro Batu, produksi jeruk di Indonesia diupayakan terus meningkat dengan kualitas ekspor yang tidak kalah dengan jeruk negara lain," katanya melansir ANTARA belum lama ini.

Jeruk yang satu ini memiliki ciri utama yang khas, yaitu memiliki ukuran buah yang kecil dan bentuknya yang gepeng, namun memiliki keunggulan produksi buah yang cukup tinggi.

Buah fungsional ini juga memiliki keberagaman baik dari segi bentuk, rasa, maupun kandungan air, vitamin C yang terkandung didalamnya, serta manfaatnya yang sangat banyak.

Hebatnya, Sari Agrihorti berbuah sepanjang tahun dan daya simpan lama dengan warna daging buah kekuningan.

Baca juga: Mengembalikan Kejayaan Jeruk Keprok Grabag

Sari Agrihorti sendiri memiliki kandungan air 90-91%; kandungan jus 55-59%; kadar gula 9-110 brix; dan kadar asam 2,17%; dan kandungan vitamin C 26,5 milligram per 100 gram.

Selain itu, jeruk ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku industri farmaka.

Kandungan vitamin dan antioksidan yang ada di dalamnya dapat memberikan perlindungan dari molekul radikal bebas penyebab berbagai penyakit-penyakit beresiko tinggi seperti kanker, hipertensi, serangan jantung dan diabetes.

 

Related News