• 25 April 2024

5 Hewan Paling Setia Didunia

uploads/news/2021/03/5-hewan-paling-setia-6081792008702a1.jpg

selain manusia ternyata ada hewan yang juga setia terhadap pasangannya

Jakarta – Jika kita merasa tidak ada yang lebih setia dari manusia, ternyata perkiraan kita selama ini keliru. Pasalnya selain manusia ternyata ada hewan yang juga setia terhadap pasangannya, bahkan mengalahkan kesetian manusia. Padahal kita sering beranggapan, jika hewan bukanlah mahluk yang setia. Wajar saja karena mereka gak memiliki akal.

Akan tetapi, lagi-lagi alam mengejutkan kita. Nyatanya, ada hewan yang setia dengan pasangannya atau dalam istilah ilmiah disebut monogami. Bahkan, ada yang hanya memiliki satu untuk seumur hidup mereka. Hewan-hewan apa sajakah? Jagadtani.id telah mewawancarai Ahli Zoologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Rosichon Ubaidillah PhD. Berikut 5 hewan yang paling setia di dunia. 

Serigala

Serigala Hewan yang terkenal akan kebuasaannya ini ternyata sangat setia terhadap pasangan masing-masing. memiliki hubungan keluarga yang erat dan selalu hidup berkelompok. Serigala jantan akan tetap bersama serigala betina hingga salah satu di antaranya mati. “kalau bicara soal hewan paling setia sih nomor satu ya serigala, karena dia biasanya berpasangan sampai maut memisahkan,” Jelas Prof Rosichon. Serigala diketahui memang hidup berkelompok dan sangat setia kepada pasangan mereka. Mereka pun rela mati demi menjaga anak-anak mereka.

Baca JugaHewan-hewan Dengan Penglihatan Tertajam

Penguin


Setelah menemukan pasangan, penguin akan pulang ke tempat terakhir mereka membuat sarang. Faktanya, penguin jambul kuning bisa sangat agresif saat melihat penguin lain mencoba merayu pasangan mereka. “sebagian besar penguin memiliki pasangan sampai mati,” Ujarnya.

Baca JugaAlasan Mengapa Kelinci Disebut 'Playboy'

Owa Jawa


Salah satu alasan mengapa Owa Jawa menjadi hewan yang terancam punah adalah karena Owa Jawa setia hanya pada satu pasangan seumur hidupnya, alias punya sifat monogami. Bila ada satu saja anggota keluarga Owa Jawa yang diambil paksa, dijauhkan dari keluarganya, atau mungkin mati, maka anggota yang lain bisa stres, bahkan hingga menyebabkan kematian. Ini yang menyebabkan sulitnya populasi Owa Jawa meningkat secara drastis. Menariknya, kesembilan belas spesies primata tersebut punya satu kesamaan yaitu mereka semua setia seumur hidup! Menurut Prof Rosichon kera kecil ini termasuk hewan paling setia karena mereka berpasangan untuk seumur hidup hingga keturunannya tumbuh besar. Perilaku dan kekeluargaan owa cukup mirip manusia, bahkan ketika anak-anak owa telah dewasa mereka pun akan meninggalkan rumah dan hidup mandiri.

Baca Juga5 Hewan Penguasa Hutan Indonesia

Berang-berang


Jika sahabat tani ingin belajar kesetiaan cobalah perhatikan sikap berang-berang. Berang-berang yang cukup menggemaskan ini ternyata juga memegang status sebagai salah satu hewan paling setia loh Prof Rosichon mengatakan, hewan pengerat ini akan memilih satu pasangan untuk seumur hidup. Mereka hanya akan mencari pasangan baru, jika pasangan sebelumnya telah mati.

Baca JugaRahasia Mencetak Jenis Kelamin Gecko

Burung hantu


Burung hantu adalah burung yang setia bagi pasangannya,. Tidak hanya di musim kawin, namun sepanjang tahun. Pasangan burung hantu akan bekerja sama merawat dan memberi makan anak-anak mereka. Burung hantu juga sangat protektif. Bahkan sang betina rela bertaruh nyawa demi melindungi anak-anak mereka, meskipun lawannya berukuran dua hingga tiga kali lipat dari ukurannya.

Related News