• 19 April 2024

Cegah Asam Urat dengan Sidaguri

uploads/news/2021/03/cegah-asam-urat-dengan-95787b0fb4e0e8a.jpg

Peningkatan penyakit gout sering bersamaan juga dengan obesitas dan penuaan, sehingga perlu ditekankan pengembangan strategi pencegahan dan penanganan gout tersebut.”

JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, biasanya munculnya keluhan penyakit seperti asam urat semakin terasa.

Dampak ke seluruh tubuh pun tentunya tidak menyenangkan dan bahkan dapat berakibat fatal.

Namun, Indonesia sebagai negara megabiodiversitas memiliki berbagai tanaman herbal lokal yang berkhasiat sebagai obat asam urat yang mudah ditanam di pekarangan rumah.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) University dari Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof. Dyah Iswantini menjelaskan, terdapat beberapa tanaman herbal yang  dapat berkhasiat sebagai obat penyembuh asam urat.

Baca juga: Manfaat Tak Terduga Daun Melinjo

Asam urat yang secara ilmiah dinamakan gout muncul akibat kandungan kadar asam urat dalam darah yang melampaui batas normal.

Asam urat yang berlebihan akan terakumulasi dalam darah sebagai kristal berbentuk jarum dan menyebabkan rasa nyeri pada persendian.

Umumnya, perempuan lebih berisiko terkena asam urat.

Strategi pengobatan yang dapat dilakukan umumnya secara kimia dengan bantuan obat golongan urikosurik ataupun urikostatik seperti allopurinol sebagai penghambat pembentukan asam urat.

Namun, terdapat beberapa efek samping bila dikonsumsi dalam jangka panjang, seperti demam bahkan pembentukan batu ginjal.

Walaupun prevalensi penyakit sendi di Indonesia semakin menurun, namun hal ini harus tetap diwaspadai.

Peningkatan penyakit gout sering bersamaan juga dengan obesitas dan penuaan, sehingga perlu ditekankan pengembangan strategi pencegahan dan penanganan gout tersebut,” ungkap Prof. Dyah belum lama ini dalam keterangannya.

Menurutnya, tanaman herbal lokal seperti seleguri atau sidaguri, kaya akan kandungan alkaloid dan tanin, serta berkhasiat sebagai obat diuretik dan analgesik.

Dengan tambahan seledri dan tempuyung, obat asam urat herbal tersebut bahkan dapat bersifat sama seperti allopurinol yang dapat menghambat enzim xantin oksidase.

Karena itu, budidaya tanaman yang bernama latin Sida rhombifolia ini perlu ditingkatkan sebagai obat herbal asam urat.

Hal yang paling penting, produk tersebut telah memenuhi aspek jamu yang baik dan terbuat dari bahan baku terstandarisasi.

Terlebih lagi, pemerintah telah mencanangkan saintifikasi jamu yang hanya difokuskan pada empat penyakit, salah satunya asam urat.  

Hasil penelitian obat anti-gout dilakukan melalui proses yang panjang mulai dari 2003.

Hasil uji in vitro dan in vivo formulasi obat anti-gout dan dibandingkan dengan allopurinol pun tergolong mengesankan.

Uji toksisitas akut pun menunjukkan formula yang diuji hampir tidak toksik, sehingga aman dikonsumsi.

Baca juga: Khasiat Buah Ceri yang Sebenarnya

Penurunan kadar asam urat dengan formulasi jamu anti-gout dinilai setara bahkan melebihi allopurinol,” sebutnya.

Produk komersial anti gout tersebut telah mendapatkan dua hak paten dan beberapa penghargaan seperti “Widyasilpawijana” Duta IPTEK dan “Best Research” dari Ristek Kalbe Science Awards. 

Namun, obat herbal anti-gout dengan mekanisme inhibisi kompetitif tersebut masih pada tahap hilirisasi dan perlu penelitian lanjutan dalam waktu dekat.

Setidaknya dalam waktu kurang lebih dua tahun, produk tersebut diharapkan dapat dikomersialkan.

Related News