• 8 May 2024

Hewan ini Hidup Sampai Kiamat!

uploads/news/2021/03/hewan-ini-hidup-sampai-7305337b99cb375.jpg

"Jadi bisa dikatakan hewan ini bisa hidup di dalam es yang paling dingin, dan bisa hidup dari radiasi nuklir bahkan diserang bom atom sekalipun"

Jakarta – Sahabat tani, ternyata masih banyak hal unik dan masih misterius di bumi. Kali ini, kita akan membahas sesuatu yang mungkin belum banyak orang yang tahu. Yaitu tentang makhluk yang abadi di planet bumi ini.

Baca JugaTemuan Fakta Hiu Martil Bergigi

Bahkan, ada juga yang mengatakan bahwa hewan ini bisa bertahan sampai hari kiamat kelak. Sahabat tani pernah mendengar hewan dengan nama tardigrada atau tardigrade? Ya, hewan ini juga biasa disebut “moss piglet” atau “freshwater mosses” atau babi lumut memiliki anggota spesies lebih dari 1.200 di dunia, hidup mulai dari laut dalam, gelap hingga pantai dan bukit pasir.

Baca JugaSampah Plastik Ancam Biota Laut

Untuk lebih jelasnya, Jagadtani.id telah mewawancarai mengenai hal ini kepada Ahli Zoologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Rosichon Ubaidillah PhD. “Tardigrade merupakan binatang yang memiliki sifat unik atau kita sebut sebagai binatang ekstremofil, yaitu mereka bisa bertahan hidup di lingkungan yang tidak dapat dilakukan oleh sebagian besar mahluk lain, mereka bisa bertahan hingga 25-30 tahun tanpa makanan atau tanpa air. Mereka bisa hidup pada suhu dibawah nol atau di atas titik didih, pada tekanan enam kali lipat dari palung laut terdalam, dan dalam ruang hampa udara,” Jelas Prof Rosichon saat dihubungi melalui pesan singkat. Dari penjelasan tersebutlah mengapa hewan mirip babi ini disebut hewan abadi.

Baca JugaKepiting dan Rajungan Itu Beda!

Prof Rosichon juga mengatakan keunikan tersebut karena mereka memiliki protein unik dalam tubuhnya yang disebut Dsup kependekan dari "Damage suppressor" yaitu sistem yang melindungi DNA agar tidak dirusak oleh hal-hal seperti dingin, panas, radiasi ikonik yang ada di tanah, air, dan media lain.

Baca JugaMengenal Beluga, Si Murah Senyum

“Strategi bertahan hidup lain yang menakjubkan adalah kriptobiosis, yaitu keadaan tidak aktif ketika berada dalam lingkungan ekstrim (kering, dingin, panas) Mereka bisa mengeluarkan air dalam tubuhnya dan menggulungkan tubuh seperti bola untuk tidak beraktivitas dalam jangka yg lama. Karena keunikan itulah diperkirakan Tardigrade mampu hidup abadi hingga kiamat,” Ujar Prof Rosichon menambahkan. Jadi bisa dikatakan hewan ini bisa hidup di dalam es yang paling dingin, dan bisa hidup dari radiasi nuklir bahkan diserang bom atom sekalipun.

Baca JugaAmbergris, Emas Laut yang Mengambang

Related News