• 20 July 2024

Manfaat Kulit Pisang, Jangan dibuang!

uploads/news/2021/04/manfaat-kulit-pisang-jangan-18590e68c290c79.jpg

"kulit pisang yang telah dikeringkan mengandung 42% potassium lebih tinggi daripada kandungan potassium yang ada pada kotoran hewan"

Jakarta – Jika sahabat tani memakan buah yang manis dan kaya akan sejuta manfaat ini jangan buang kulitnya begitu saja ya. Karena sama seperti daging buahnya, kulit pisang mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk manusia.

Manfaat kulit pisang berasal dari magnesium, vitamin B12, vitamin B6, dan potasium. Berikut ini kegunanaan-kegunaannya yang bisa sahabat tani dapatkan.

pisang merupakan buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang manis serta tekstur yang lembut sehingga cocok untuk semua kalangan termasuk bayi.

Baca JugaKetika Kulit Pisang Berbintik Hitam

setelah mengkonsumsi buah pisang, kulit pisang langsung kita buang atau tidak digunakan lagi, namun tanpa kita sadari bahwa kulit pisang memiliki manfaat yang sangat besar antara lain adalah kulit pisang mampu meningkatkan kesuburan tanah dan memperbaiki nutrisi pada tanaman.

Kulit pisang mengandung potassium yang tinggi yang merupakan kunci nutrisi yang dibutuhkan tanaman. kulit pisang yang telah dikeringkan mengandung 42% potassium lebih tinggi daripada kandungan potassium yang ada pada kotoran hewan (pupuk kandang) yang hanya memiliki 0,2 %.

potassium sangat penting bagi tanaman untuk membantu distribusi air dan nutrisi akar sel tanaman, sehingga tanaman menjadi lebih sehat dan produksi bunga menjadi lebih banyak selain itu tanaman menjadi lebih sehat dan perakaran yang kuat serta tahan terhadap serangan penyakit.

Baca JugaLampeneng, PIsang Langka dari Bogor

selain kandungan potassium, kulit pisang juga mengandung kalium yang bermanfaat menfasilitasi transfer nutrisi air antar sel tumbuhan dab melindungi dari serangan penyakit.

cara pengaplikasiannya adalah cukup dengan memasukkan beberapa kulit pisang kedalam ember yang berisi air dan didiamkan beberapa hari dan tunggu sampai air berubah warna mejadi seperti teh kemudian siramkan ketanaman, ekstrak kulit pisang kaya akan mineral yang dapat membantu pertanaman menjadi lebih kuat

Selain meningkatkan kesuburan tanah, masih banyak lagi manfaat kuot pisang untuk kesehatan tubuh sampai kulit wajah.

Mengobati Jerawat

Hampir semua orang pernah memiliki jerawat di wajah. Masalah kulit itu timbul karena pori-pori yang tersumbat sebum, lalu berkontaminasi dengan bakteri penyebab jerawat. Hal itu bisa sahabat tani atasi dengan memakai kulit pisang loh. Cara yang perlu sahabat tani lakukan cukup mudah. Pertama, usapkan kulit pisang pada wajah atau jerawat di bagian tubuh lain selama lima menit. Lakukan cara tersebut setiap hari sampai jerawat hilang untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca JugaCiri-ciri Buah Matang Kimia

Mencerahkan Gigi

Kebersihan mulut yang tak terjaga bisa membuat gigi terlihat kuning. Hal itu tentu saja dapat mengganggu penampilan. Hal tersebut bisa diatasi dengan berbagai cara. Mulai dari perawatan di dokter hingga memakai bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan gigi adalah kulit pisang. Caranya adalah dengan menggosokkan kulit pisang pada gigi setiap hari selama satu menit.

Menghilangkan Kerutan

Manfaat kulit pisang selanjutnya juga bisa sahabat tani gunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah. Kandungan nutrisi dalam kulit pisang berguna sebagai pelembab sehingga kulit menjadi terhidrasi dengan baik. Artinya, kerutan dan tanda penuaan lain juga bisa berkurang. Pertama, sahabat tani perlu menumbuk kulit pisang hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan kuning telur. Pakai campuran tersebut pada wajah dan diamkan dulu selama lima menit. Setelah itu, bilas sisa masker dengan air hingga bersih.

Baca JugaPisang Kepok Tidak Buat Kapok

Mengatasi Psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu penyakit di mana kulit mengalami peradangan. Hasilnya, muncul ruam dan kulit menjadi bersisik, kering, dan mudah terkelupas. Jika terus dibiarkan, kondisi tersebut bisa semakin parah. Salah satu cara mengatasi psoriasis dengan bahan alami adalah memanfaatkan kulit pisang. Itu sebab kulit pisang mampu melembabkan kulit sehingga mengurangi rasa gatal akibat psoriasis. Sahabat tani hanya perlu mengusapkan kulit pisang pada bagian kulit yang bermasalah.

Related News