• 16 June 2024

Fakta Entok Hias Dan Konsumsi

Sebenarnya, dari kedua jenis entok bisa dikonsumsi, baik itu entok hias maupun konsumsi. Hanya saja harganya sangat mahal..

TANGERANG – Beternak entok tentu bernilai besar bagi pecintanya. Banyaknya permintaan daging entok di pasar, namun produksinya masih sedikit menjadi bernilai tinggi bagi peternak.

Di masyarakat, entok sendiri tidak hanya untuk dikonsumsi tetapi juga dibeli oleh penghobi. Menurut Mulyadi, peternak entok di kawasan Tangerang mengatakan bahwa kedua jenis entok tersebut dapat dikonsumsi.

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Entok

Sebenarnya, dari kedua jenis entok bisa dikonsumsi, baik itu entok hias maupun konsumsi. Hanya saja harganya sangat mahal, jadi sayang. Tapi kalau ada yang mau beli untuk dimakan, terpaksa di jual,” ucapnya kepada Jagadtani.id saat ditemui di peternakan miliknya yang berlokasi di Keluraharan Kreo, Kecamatan Larangan Kota Tangerang, Banten.

Pria berjenggot panjang ini menambahkan bahwa “Biasanya kalau entok hias dikonsumsi atau dijual saat berat bobotnya sekitar maksimal 5 kilogram diumur 3-5 bulan. Agar dagingnya banyak dan enak,” lanjutnya.

Sebagai peternak entok, pria kantoran ini tidak malu dengan profesinya, karena bisnis entok cukup menjanjikan. Baginya kebersihan kandang dan badan entok harus diperhatikan supaya masyarakat sekitar percaya dengan peternakan miliknya dan mendatangkan pembeli.

Baca Juga: Kenali Penyakit Pada Bebek

Uniknya, Entok hias ada berbagai jenis mulai dari Entok rambon, dragon, jali, bondol kaji, mocha mata merah dan lainnya. Khusus entok mocca mata merah yang diternak merupakan hasil persilangan dari indukan jenis mocha mata merah yang sama. Jenis entok hias ini sedikit berbeda dibanding lainnya, karena memiliki mata merah, bulunya cantik dan bersih berwarna putih dan mocha ataupun keseluruhan bulunya cokelat muda. Pasalnya, banyak peminat entok ini yang berani menawarkan harga tinggi untuk satu ekornya bisa mencapai Rp.15 juta.

Sedangkan harga entok konsumsi satu ekornya sekitar ratusan ribu rupiah. Selain itu, dari kedua jenis unggas ini mudah untuk dibudidayakan. Karena dengan budidaya entok peternak akan mendapat keuntungan lebih.

Baca Juga: Perbedaan Daging Bebek Vs Entok

Baik entok hias maupun entok konsumsi memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, dan banyak peminatnya. Dagingnya tebal serta rasanya nikmat untuk dikonsumsi maka tak jarang restoran banyak mencari dagingnya.

Sebenarnya, daging entok terdapat banyak kandungan nutrisi seperti tinggi kalori, zat besi, lemak dan juga protein serta karbohidrat yang baik dikonsumsi tubuh. Dari banyaknya kandungan gizi tersebut bermanfaat untuk membantu pembentukan otot yang juga dapat menambah kekebalan tubuh.

Namun, saat mengkonsumsinya secara berlebihan, maka tidak lagi bermanfaaat untuk kesehatan tubuh. Adanya kandungan kolesterol yang cukup tinggi pada entok, membuat Sahabat Tani yang memiliki riwayat kolesterol tinggi tidak dianjurkan untuk sering memakannya.

Baca Juga: Pakan Pembuat Bebek Cepat Bertelur

Batasilah komsumsi secara wajar agar tubuh tetap sehat dan diimbangi dengan olahraga rutin.

Related News