• 24 July 2024

Ternak Etawa Untung Berlipat Ganda

"karena orang yang sukses itu dia yang mau berusaha, bukan dia yang pintar ataupun kaya. Alhamdulillah omzet saya Idul Adha hampir satu milyar"

Bogor – Sahabat tani ingin usaha modal kecil dengan untung berlimpah? bisa mencoba ternak kambing etawa loh.

Pasalnya prosesnya mudah dan untungnya pun cepat. Semakin kesini, lowongan pekerjaan semakin sulit dicari, ditambah pandemi tak kunjung henti. bahkan, ada juga beberapa faktor yang membuat kita semakin sulit bekerja seperti contohnya banyak perusahaan menetapkan syarat pendaftaran yang terlalu tinggi.

Daripada pusing mendaftarkan diri ke berbagai perusahaan yang tidak kunjung memberikan kabar, lebih baik menciptakan bisnis mandiri seperti ternak kambing etawa. Kambing etawa adalah jenis kambing dengan telinga panjang menggelantung ke bawah.

Baca Juga: Ternak Etawa Bikin Etawa

Jenis kambing ini lebih sering ditemukan di pedesaan-pedesaan kecil. Mengurus kambing etawa sangat mudah. Jenis kambing ini dapat bertahan dalam segala macam suhu. Kambing etawa juga merupakan salah satu spesies terkuat di antara jenis kambing lainnya. Budidaya kambing etawa dapat dilakukan di mana saja.

Fuad Paturohman, Petani Millenial asal Ciseeng, Bogor ini beternak Etawa sejak 2013.

“kenapa saya milih ternak kambing etawa itu karena memiliki beberapa keunggulan dibanding kambing lain. peranakan etawa, senduro dan kali gesing keunggulannya yaitu postur tubuh lebih besar, nilai seni. kontes, dagingnya lebih padat, bisa diambil susunya. Jadi otomatis harga jualnya pun bisa dibilang stabil,” Tutur Fuad.

Baca Juga: Mengenal Kambing Etawa Senduro

Banyak yang beranggapan bahwa kambing etawa itu mahal, namun ditepis oleh Fuad. “mahal sih relatif, mahal mungkin bagi orang yang belum paham. Karena harganya mulai dari dua jutaan. Yang bikin harganya beda-beda karena trahnya saja, ada super,lokal, dan kontes,” Ujarnya.

Mantan pegawai BUMN itu menyampaikan, hal terpenting dari beternak adalah menjaga kebersihan. Karena menurutnya kualitas kambing akan dipengaruhi oleh kebersihan kandang.

Baca Juga: Cara Mudah Ternak Kambing Etawa

Selain itu sahabat tani perlu ruang yang cukup untuk dijadikan lumbung tempat mereka berteduh dan beristirahat. Karena jika kambing nyaman otomatis pertumbuhannya pun cepat.

Fuad selalu mengingatkan kepada pelanggannya jika harga jual kambing etawa masih stabil, permintaan di pasaran pun belum pernah menurun, dan apabila iya, tidak terlalu drastis.

Baca Juga: Sukses Ternak Kambing Karena Hobi

“modal Rp.10 juta juga bisa kalau mau ternak etawa, yang penting niat dan mau . karena orang yang sukses itu adalah dia yang mau berusaha, bukan dia yang pintar ataupun kaya. Alhamdulillah omzet saya kalau Idul Adha hampir satu milyar,” Tutupnya.

Related News