• 6 October 2022

Untung Besar Bisnis Ayam KUB

Keuntungan dari ayam kampung sendiri perawatannya tidak terlalu sulit seperti ayam potong lainnya, karena daya tahan tubuh ayam kampung tersebut sangat kuat..

Bogor – Menjelang puasa, permintaan ayam kampung di pasaran kian meningkat. Cita rasanya khas, dan masih diminati masyarakat Indonesia membuat unggas ini jadi menu protein pilihan untuk dikonsumsi. Selain itu, ayam kampung sedang trend dimasyarakat. Khususnya jenis Kampung Unggul Balitnak (KUB).

Ayam jenis ini merupakan hasil seleksi dari Badan Litbang Pertanian yang mana diteliti dari induknya di beberapa daerah Jawa Barat seperti Cianjur, Depok, Jatiwangi, Jasinga dan Ciawi Kabupaten Bogor. Saat ini, masyarakat banyak yang beternak ayam KUB salah satu penyebabnya karena tingginya permintaan bibit/ Day Old Chicken (DOC) di komunitas peternak.

Baca Juga: Beternak Demi Wujudkan SDM Lingkungan

Seperti Sapta Pratama (26) peternak millenial ayam KUB yang terletak di desa Padurenan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Pria berkelahiran September ini mengaku beternak ayam KUB memiliki banyak manfaat dibanding ayam kampung lainnya.

Sampai saat ini harganya stabil, dan hasilnya sangat bermanfaat untuk keluarga. Alhamdulillah nama saya pun dikenal banyak orang sebagai peternak ayam kampung,” tuturnya saat ditemui Jagadtani.id, di kandang peternakan miliknya.

Semenjak pandemi mewabah di Indonesia, beternak menjadi pilihan saat beberapa masyarakat berhenti dari pekerjaan. Dari banyaknya hewan peternakan, ayam KUB lah yang diminati. Hal ini, menandakan bahwa beternak ayam KUB banyak ditirui masyarakat sehingga dipandang dapat mengangkat perekonomian di masa pandemi.

Baca Juga: Fakta Ayam KUB Berdaging Mahal

Tama menjelaskan bahwa “Keuntungan dari ayam kampung sendiri perawatannya tidak terlalu sulit seperti ayam potong lainnya, karena daya tahan tubuh dari ayam kampung tersebut sangat kuat. Kita tinggal memoles saja dengan menambahkan vitamin, kebersihan kandang dijaga, pemanas ayam dijaga pada saat DOC sampai 10 hari, lalu pemberian pakan fermentasi agar semakin bergizi dan tubuhnya tumbuh berkembang dengan baik,” ucapnya.

Selain itu, ayam KUB memiliki keunggulan bertelur lebih banyak sekitar 160-180 butir/tahunnya. Masa pengeramannya pun tidak membutuhkan waktu lama sehinga dapat menghasilkan telur lebih cepat dan tahan terhadap penyakit.

Baca Juga: Beternak Demi Wujudkan SDM Lingkungan

Faktanya, banyak permintaan ayam kampung di pasar setiap tahunnya meningkat menjadi peluang besar bagi peternak yang ingin membudidayakan ayam tersebut.

Baca Juga: Jaga Stok Pangan Jelang Ramadhan

Lebih lanjut, pria dua anak ini menambahkan bahwa “ayam milik saya banyak yang lincah karena makannya bagus dan minumnya bagus, jadi pertumbuhannya pun bagus sesuai rata-rata yang ditargetkan,” tutupnya.

 

Related News