• 6 October 2022

Rahasia Ternak Entok Lebih Menguntungkan

Karena berbeda dengan bebek, telur entok ini bukan untuk konsumsi kalau dijual itu rugi.."

Tangerang – Jika Sahabat Tani tertarik beternak unggas, maka hewan satu ini sangat cocok untuk dibudidayakan. Dagingnya yang lezat dan lembut dimulut, membuatnya diolah menjadi santapan nikmat favorit masyarakat. Tak hanya itu, sejumlah khasiat yang baik untuk tubuh ada padanya.

Entok merupakan jenis unggas yang dimanfaatkan dagingnya. Telur entok sebenarnya tidak disarankan untuk dikonsumsi. Karena saat entok bertelur, biasanya telur entok tidak dijual melainkan disimpan sampai masa penetasan tiba. Seperti yang dilakukan Mulyadi, peternak entok di Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan Kota Tangerang, Banten.

Entok itu telurnya tidak dijual. Tetapi anakannya yang dijual pada saat entok berumur 3 bulan atau lebih. Karena berbeda dengan bebek, telur entok ini bukan untuk konsumsi kalau dijual itu rugi,” ucapnya kepada Jagadtani.id, di peternakan miliknya.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Entok

Pria yang berprofesi sebagai ketua RT ini menegaskan bahwa “Untuk penjualannya tergantung dari masing-masing jenis entok itu sendiri. Kalau yang silver entok biasa ini dijual anakannya sepasang bisa Rp.250.000, kalau sudah seumur 3 – 4 bulanan bisa seharga Rp.500.000 sepasang. Untuk jali seharga Rp. 1 – 2 juta, sedangkan khusus mocca mata merah ini anakannya Rp 5 juta per ekor, kalau indukkannya Rp.15 juta,” tegasnya.

Bisnis hewan ternak ini tentunya sangat menjanjikan. Meski biasanya orang-orang mengenal entok itu kotor dan bau, namun pria asli kelahiran betawi ini bisa meyakinkan bahwa peternakan miliknya itu tidak bau dan bersih.

Baca Juga: Fakta Entok Hias dan Entok Konsumsi

Jujur disini kita dipinggiran Jakarta, diperumahan penduduk yang samping kanan kirinya rumah, maka harus diusahakan peternakan ini tidak bau agar nggak ada komplen. Membersihkannya itu sangat mudah juga praktis sehingga tidak memakan waktu lama dan kita bisa melakukan kegiatan lainnya,” ucapnya.

Mulyadi menambahkan rahasia agar entok tidak bau, bahwa yang dibutuhkan ialah “Jadi pakannya itu diberikan campuran vitamin ataupun sayur-sayuran supaya kotorannya tidak begitu bau, walaupun pada dasarnya kotoran itu sebenarnya bau, dan yang kedua jaga kesehatan dan pertumbuhan entok,” jelasnya.

Baca Juga: Perbedaan Daging Bebek VS Entok

Baginya, bisnis entok merupakan peluang besar yang menguntungkan. Pasalnya, selain dagingnya enak ia juga bisa diintungkan dari segi kontes. Banyaknya peminat entok hias yang kini gemar memelihara untuk dirawat dan diikut sertakan lomba. Semakin cantik dan bersihnya bulu entok maka, semakin bernilai tinggi pula harga jualnya.

Related News