• 29 March 2024

Resep Bola-Bola Ikan Tongkol

uploads/news/2021/04/resep-bola-bola-ikan-tongkol-3442237860f26ac.jpg

"pada 150 gram ikan tongkol mengandung 39 gram protein"

Jakarta - Siapa sahabat tani yang suka makan ikan? kali ini Jagadtani.id akan memberikan resep khusus yaitu bola-bola ikan tongkol untuk ide menu berbuka puasa ataupun sahur. Sahabat tani pernah makan ikan tongkol? Ikan bernama latin Euthynnus affinis ini memiliki warna yang agak gelap dan bentuk yang langsing. Ikan tongkol tidak terlalu besar, panjangnya tidak lebih dari 60 sentimeter dengan warna punggung kebiruan, gelap, dan agak metalik, Biasanya ikan tongkol banyak ditemukan di pasar tradisional.

Baca Juga: Kolang-Kaling, Takjil Favorit Bulan Puasa

Kalau dilihat sekilas, ikan ini memang terlihat biasa saja. Namun, tahukah sahabat tani? Ternyata ikan tongkol punya banyak manfaat tak terduga untuk tubuh loh.  Per satu porsi tongkol sebanyak 150 gram, ada beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya. Di antaranya 179 kalori, 1 gram lemak, 46 mg kolestrol, 521 mg natrium, 39 gram protein, vitamin A 2%, vitamin C 2%, kalsium 2%, dan zat besi 13 %.

Baca Juga: Fakta Konsumsi Kurma Jumlah Ganjil

Seperti yang disebutkan di atas, pada 150 gram ikan tongkol mengandung 39 gram protein. Ikan tongkol mengandung protein yang tinggi, sehingga dapat dijadikan alternatif sumber protein hewani yang terjangkau alias murah meriah untuk makanan sehari-hari. seperti menu bola-bola ikan tongkol contohnya. menu masakan yang mudah dibuat ini sangat cocok untu menemani sahabat tani berbuka puasa. Berikut resep lengkapnya.

Baca Juga: Resep Menu Sahur Tinggi Protein

pertama, bahan-bahan yang harus sahabat tani siapkan yaitu bahan utama pastinya ikan tongkol sebanyak 200 gram, satu butir telur, satu lembar daun kunyit, bumbu halus seperti tiga siung bawang merah, dua siung bawang putih, dua kunyit, dua jahe, tepung roti dan satu sendok teh garam. jika ingin lebih sehat sahabat tani bisa mengganti garam dengan sea salt yang berwarna merah muda.

Baca Juga: Sulap Kurma Jadi Menu Kreatif

Jika semua bahan sudah terkumpul, ikan tongkol dicincang kasar atau bisa juga diblender sampai halus, lalu campurkan ikan tongkol, telur, daun kunyit tepung roti, dan bumbu halus dengan menggunakan dua buah sendok makan, kemudian bulatkan adonan. lanjut, goreng adonan sampai berwarna kecokelatan menggunakan api kecil. setelah matang, bola-bola ikan tongkol siap dinikmati. selamat mencoba sahabat tani!

Baca Juga: Pisang Nugget Praktis untuk Sahur

Related News