• 15 June 2024

Pertanian Modern di Tangan Milenial

uploads/news/2021/04/pertanian-modern-di-tangan-802089af6ae6562.jpg

"Memanfaatkan teknologi digital pada industri pertanian nasional, menjadi salah satu cara bagi pembangunan pertanian Indonesia ke depan"

JAKARTA – Perkembangan teknologi digital bertumbuh semakin cepat dari hari ke hari, bulan ke bulan hingga ke tahun berikutnya. Penggunaan teknologi yang semakin praktis mampu memberikan kemudahan dalam semua aspek kehidupan manusia, salah satunya pada bidang pertanian.

Memanfaatkan teknologi digital pada industri pertanian nasional, menjadi salah satu cara membangun pertanian Indonesia untuk lebih maju ke depan sekaligus sebuah tantangan bagi masyarakat dalam langkah meningkatkan daya saing pertanian di pasar global. Terwujudnya sektor pertanian yang maju dapat diyakini melalui sentuhan teknologi yang tepat disertai semangat yang tinggi dari milenial.

Baca Juga: Timun Suri Unggul dari Kemang

Hal ini diyakini oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, menurutnya pertanian Indonesia akan berkembang di tangan generasi milenial dengan memanfaatkan teknologi digital dalam memenuhi kebutuhan nasional pada sistem yang lebih modern. Upaya pemanfaatan teknologi ini diwujudkan oleh TaniHub Group melalui peluncuran National Fulfillment Center (NFC). NFC jadi salah satu upaya TaniHub Group membangun infrastruktur rantai pasok pertanian yang komprehensif untuk menunjang permintaan pasar nasional hingga global.

Baca Juga: Petani Perempuan di Hari Kartini

TaniHub adalah startup pertama yang berhasil membangun konsep NFC disertai teknologi yang mumpuni hingga kapasitas besar yang mampu memfasilitasi 10.000 transaksi per hari. Platform yang berdiri sejak 2016 ini, berupaya untuk turut membantu petani dalam memasarkan hasil panennya dan mampu membuka peluang yang lebih luas dalam menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha serta pengguna akhir.

NFC yang diresmikan langsung oleh Mentan Syahrul, diharapkan mampu menjadi contoh dalam membentuk konsep pertanian yang lebih maju dari hulu hingga hilir.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kurma Ajwa yang Bagus

"Saya kira apa yang diperlihatkan TaniHub kali ini bisa menjadi role model bagi para anak muda agar lebih berperan dan memberi energi untuk pertanian kita, yang dilakukan TaniHub ini bukan hanya sebatas membuka akses pasar bagi petani dengan mempermudah komoditas pertanian agar bisa langsung dinikmati oleh masyarakat secara luas, tetapi juga bagian dari upaya membuka lapangan pekerjaan di bidang pertanian," ungkap Syahrul, mengutip Antara.

Baca Juga: KKP Amankan Alligator di Tarakan

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini mengatakan kolaborasi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan TaniHub akan menciptakan banyak kesempatan bagi para petani untuk mengembangkan usaha taninya.

"Peresmian ini sekaligus menjadi bagian dari upaya bersama dalam membentuk konsep pertanian yang lebih maju. Di sini kita bisa temukan adanya dukungan bagi petani mulai dari akses pembiayaan hingga aspek pemasaran digital hasil pertanian. Kami siap support dengan berbagai rekomendasi dan asistensi yang kita miliki, ini bukti bahwa kita selalu bergerak untuk pertanian yang lebih maju," tutupnya.

Related News