• 5 May 2024

Sirup Bunga Telang ala Rumahan

uploads/news/2021/04/sirup-bunga-telang-ala-31645741a08cdcc.jpg

“Daripada harus beli dari luar rumah, kita bisa memanfaatkan hasil tanaman kita sendiri. Selain hemat keuangan, kita lebih tau kadar kesehatannya tanpa dicampur bahan-bahan kimia yang macam-macam istilahnya ya. Lebih sehat untuk dikonsumsi anak-anak juga”

JAKARTA – Saat berbuka puasa, masyarakat banyak yang mengincar minuman-minuman yang segar untuk melepas dahaga, salah satunya dengan membuat sirup. Nah, daripada Sahabat Tani membeli sirup dari luar rumah, Sahabat Tani bisa membuat sirup ala rumahan sendiri loh. Seperti yang dilakukan oleh Lena Karolina, Co-Founder dari Kebun Pahlawan 10 ini mengaku menanam banyak bunga telang di kebun cantiknya untuk dimanfaatkan sebagai memenuhi kebutuhan pangan keluarganya. Salah satu contohnya membuat sirup dari bunga telang.

“Daripada harus beli dari luar rumah, kita bisa memanfaatkan hasil tanaman kita sendiri. Selain hemat keuangan, kita lebih tau kadar kesehatannya tanpa dicampur bahan-bahan kimia yang macam-macam istilahnya ya. Lebih sehat untuk dikonsumsi anak-anak juga,” ungkap Lena kepada Jagadtani.id.

Baca Juga: Refugia Sang Pelindung musuh Alami

Ibu dari dua anak ini juga menjelaskan, “Sudah sering sekali kita buat sendiri dari bunga telang. Sirup bunga telang ala rumahan lebih bagus untuk dikonsumsi keluarga. Cara membuatnya pun tidak sulit, tidak membutuhkan alat-alat yang ribet,” jelas Lena.

Bunga telang atau Clitoria ternatea biasanya dikenal sebagai tanaman merambat yang dapat ditemukan di kebun dan diketahui tumbuh secara liar. Selain bisa dijadikan sirup, bunga telang memiliki banyak khasiat untuk tubuh seperti dapat meningkatkan daya ingat, mengatasi gangguan kecemasan, meringankan depresi, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, menyehatkan jantung, mengatasi asma dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tips Aman Mengkonsumsi Bunga

Perempuan yang juga pendiri dari Suistainable Indonesia ini juga mengatakan, selain dapat dijadikan sirup, bunga telang ia sering gunakan sebagai pewarna alami pada pudding dan makanan olahan lainnya. Ia juga menjelaskan cara pembuatan sirup bunga telang yang cukup mudah dilakukan.

Lalu, bagaimana cara membuat sirup bunga telang ala rumahan?

Pertama, setelah panen bunga telang dari kebun, cuci bunga telang tersebut dengan air bersih kemudian tiriskan. Setelah memastikan bunga telang bersih dari segala kotoran, siapkan rebusan air mendidih.

Baca Juga: Bunga untuk Dimakan Atau Dimakan?

Kemudian, masukan bunga telang ke dalam panci yang berisi air mendidih. Tambahkan gula untuk melengkapi rasa manis pada sirup bunga telang. Sahabat Tani bisa gunakan gula pasir maupun gula merah, sesuaikan dengan selera. Sahabat Tani juga bisa menambahkan cengkeh, jahe atau sereh jika suka dengan rempah-rempah untuk memperkuat aroma sirup. Rebus sampai air tinggal setengahnya, lalu saring dan dinginkan. Sirup bunga telang dapat dikemas atau langsung disajikan dengan mencampur dengan air.

Related News