• 17 April 2024

Mencoba Resep Viral dari Tiktok

uploads/news/2021/04/resep-menu-berbuka-puasa-519517d47ec6940.jpg

"Dengan bahan-bahan simple dan waktu memasak yang singkat, sahabat tani bisa dengan mudah hidangkan pasta ala restoran loh!"

Jakarta - Jika Sahabat tani pengguna TikTok, tentu sudah mengenal resep yang satu ini. Ya, pasta feta panggang hidangan yang tengah marak di media sosial. Resep ini dipopulerkan oleh food blogger Finlandia, Jenni Hayrinen pada tahun 2019. Namun, di tahun 2021 banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk mecoba dan memasak kembali.

Pasalnya, di bulan puasa ini sejumlah menu dari berbagai negara disajikan. Cara pembuatannya pun cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan, membuat resep ini hemat tenaga sehingga cocok untuk disajikan sebagai menu berbuka puasa.

Hidangan ini, terdiri dari keju feta, tomat ceri, dan pasta. Dengan bahan-bahan simple dan waktu memasak yang singkat, sahabat tani bisa dengan mudah hidangkan pasta ala restoran loh. Viral di TikTok, #bakedfetapasta memiliki lebih dari 111,4 juta kali tayang di platform media sosial.

Baca Juga: Resep Bola-Bola Ikan Tongkol

Bagi Sahabat tani yang ingin menyiapkan hidangan ini untuk berbuka puasa, Arab News telah meminta koki Irak-Kanada Faisal Hasoon untuk berbagi resep pasta feta panggang sederhana dengan sentuhan Arab. Koki menggabungkan rasa Timur Tengah segar dengan beberapa bahan paprika merah panggang, irisan zaitun kalamata, spritz jus lemon dan taburan kulit.
Untuk lebih lanjut, yuk simak informasi berikut.

Pasta Feta Panggang

Bahan

Minyak zaitun 3 sendok makan, 6 siung bawang putih (cincang), zaitun kalamata 60g (iris tipis), 250g paprika merah panggang (potong dadu) 6 daun kemangi segar, pasta 350g (rigatoni), keju feta 200g (Yunani, domba atau kambing), 1 lemon (zest dan jus), minyak lada cabai 1 sdm, serpihan cabai kering 1 sdt, garam dan merica secukupnya.

Baca Juga: Resiko Jika Kurang Makan Sayur

Cara pembuatan

Pertama, siapkan panci berukuran sedang didihkan air asin dan masak pasta sesuai selera kematangan. Pesan 1 cangkir air pasta, tiriskan sisanya dan sisihkan.

Setelah itu, siapkan wajan dan masak bawang putih dengan api kecil menggunakan minyak zaitun. Diamkan tepat sebelum berubah menjadi coklat keemasan. Pastikan menggoreng tidak terlalu matang karena akan menjadi pahit. Tambahkan serpihan cabai merah dan paprika merah panggang, biarkan mendidih selama beberapa menit lalu tambahkan irisan zaitun.

Baca Juga: Pisang Nugget Praktis untuk Sahur

Kemudian, taruh satu kotak keju feta ke tengah wajan, masukkan ke dalam oven pada 375 Celcius selama 10 menit atau sampai keju meleleh. Lalu, tempatkan pasta ke dalam wajan dan aduk rata sampai semua bahan tercampur dengan baik, tambahkan air pasta yang dipesan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Resep Menu Sahur Tinggi Protein

Terakhir taburkan lada hitam dan kemangi iris tipis juga tambahkan minyak cabai diatasnya. selamat menikmati!

Related News