• 28 April 2024

Hewan Unik di Palung Mariana

uploads/news/2021/04/hewan-unik-di-palung-61324e586af8424.jpg

"Kedalaman dari palung ini jauh di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut"

Jakarta - Sahabat tani pasti pernah mendengar tentang titik terdalam di bumi yang satu ini, Ya palung mariana. Palung Mariana merupakan palung yang paling dalam yang diketahui yang terletak di dasar laut sebelah timur kepulauan Mariana barat Samudra Pasifik dekat dengan Jepang dan pulau Guam dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi.

Palung ini terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana di 11° 21' Lintang Utara dan 142° 12' Bujur Timur. Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina.

Kedalaman dari palung ini jauh di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut. Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.927 - 11.035 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut atau sekitar 35 kali ketinggian menara Eiffel.

Terbayang tidak oleh sahabat tani bagaimana kehidupan hewan-hewan unik yang ada didalamnya? melansir dari FPK Universitas Airlangga, berikut hewan-hewan unik penunggu setia palung mariana. 

Baca Juga: Burung Kicau Termahal di Indonesia

Gurita Dumbo

Photo by Ocean

Hewan ini jika diperhatikan dengan baik maka akan mirip dengan hewan yang memiliki telinga di sisi dekat chepal-nya. Bagian tubuh yang menyerupai daun telinga itu adalah merupakan sirip dari gurita ini. Tidak seperti gurita yang lain, Dumbo octopus ini memiliki tentakel pendek melingkar. Berukuran 30 sentimeter dan biasa hidup di kedalaman 3.962 meter dalam Palung Mariana.

Baca Juga: Misteri Kelelawar Langka Berhidung Panjang

Hiu Goblin

photo by Smithsonian ocean

Jika diamati baik-baik, hewan penghuni Palung Mariana yang satu ini terlihat menyeramkan daripada ikan hiu yang lain. Mulai dari gigi tajamnya, dahi yang menonjol, merupakan perenang cepat, dan tempat tinggalnya biasa di tempat yang gelap di Palung Mariana. Panjangnya juga bisa mencapai 5,5 meter. Hiu goblin memiliki moncong yang memanjang bagai sebuah pedang. Rahangnya tersembunyi di bawah moncong tersebut. Hewan ini kerap berkeliaran di Palung Mariana di kedalaman 914 meter.

Baca Juga: Ashera, Kucing Termahal di Dunia

AnglerFish

photo by animal hype

Ikan ini memiliki gigi yang tajam, panjang, dan mencuat ke luar. Rupanya yang mengerikan pernah muncul di film animasi Finding Nemo. Karakteristik unik dari ikan ini yaitu ada pada lampu yang menggantung di atas kepalanya. Lampu tersebut berguna untuk memudahkan anglerfish untuk memancing mangsa agar mendekat lalu dengan mudah ia mangsa. Ikan ini biasa ditemukan di kedalaman 1.474 meter. Anglerfish jantan memiliki ukuran tubuh lebih kecil ketimbang betina.

Baca Juga: Hewan yang Tidak Boleh Dibunuh

Barreleye fish

Photo by Mudesh

Biasa disebut dengan ikan berkepala transparan. Pada bagian kepalanya benar-benar transparan dan memancarkan cahaya yang sangat membantu saat berenang di tengah kegelapan Palung Mariana.

Telescope octopus (Amphitretus pelagicus)

Photo by Tumbex

Gurita teleskop ini, menurut data dari Interesting Engineering menyebutkan bahwa gurita tersebut biasa ditemukan di kedalaman laut 1.981 meter. Hewan ini  memiliki cara berenang yang unik, yaitu berenang secara vertikal, dari atas ke bawah atau sebaliknya. Hal tersebut merupakan caranya bertahan hidup agar predator tidak mudah memangsanya.

Baca Juga: Kalabia, Berjalan di Gelapnya Kelautan

Related News