• 5 February 2023

Buah-Buahan Berkhasiat Kesukaan Rasulullah

uploads/news/2021/04/buah-buahan-berkhasiat-kesukaan-rasulullah-62648163c2a2ec5.jpg

"Nabi Muhammad dikenal suka mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan manfaat untuk tubuh.."

Jakarta - Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW adalah sosok panutan hidup bagi umat Islam. Semua kebiasaan dan perkataannya layak untuk ditiru dan diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu kebiasaan yang banyak ditiru oleh umat Islam adalah kebiasaan makan beliau. Nabi Muhammad dikenal suka mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan manfaat untuk tubuh.

Nah, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa Ramadhan, ada baiknya kita memperbanyak stok buah-buahan favorit dari Rasulullah ini.

“Rasulullah dikenal suka makan makanan yang menyehatkan terutama buah dan sayur seperti yang tertera di dalam Al Quran,” Ujar Ustad Khaerul Azmi saat dihubungi Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca Juga: Kurma Rasulullah Tumbuh di Indonesia

Kurma

Tak perlu diragukan lagi, kurma merupakan makanan sehari-hari Nabi Muhammad. Bukan hanya muncul dalam hadist sebagai rekomendasi, buah yang tumbuh di wilayah gurun ini juga disebutkan beberapa kali dalam Al-Quran. “buah favorit Rasulullah yang pertama tidak lain adalah kurma, seperti dijelaskan didalam Al-quran. Sebab kurma ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, tinggi antioksidan, dan mencegah diabetes,” Ujar Ustad yang akrab disapa Azmi itu.

Baca Juga: Hewan yang Tidak Boleh Dibunuh

Anggur

Saat buka puasa, anggur menjadi salah satu menu favorit Nabi Muhammad SAW. Kandungan vitamin C dalam buah anggur dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuatmu semakin kuat selama puasa. “Bukan hanya kesegaran yang didapat, tetapi beliau juga sering mengonsumsi anggur kering atau kismis. Dalam sebuah hadist, Rasulullah mengatakan bahwa terdapat pengobatan di dalam daging buah tersebut omongannya pun terbukti karena anggur memang memiliki banyak khasiat salah satunya menurunkan kolesterol,” Tambah ustad Azmi.

Baca Juga: Resiko Jika Kurang Makan Sayur

Tin

Masyarakat Indonesia mungkin sudah familiar dengan buah tin atau buah ara. Buah yang satu ini lebih banyak tumbuh di Timur Tengah dan Mediterania. Dari luar, tin tampak berwarna ungu dan hijau, sedangkan dagingnya berwarna merah. Buah ini unik karena tidak memiliki biji. “buah ini mendapat julukan dari Rasulullah yaitu buah yang datang dari surga,” Ungkap ustad yang juga dosen tersebut.

Baca Juga: Mencoba Resep Viral dari Tiktok

Zaitun

Kita mungkin lebih mengenal zaitun sebagai minyak yang banyak digunakan untuk tujuan tertentu. Selain kandungan minyak yang banyak digunakan oleh manusia, buah zaitun juga merupakan salah satu buah kesukaan Rasulullah. Hal ini sebagaimana dalam hadist dari Abi Usaid Al-Anshari, Rasulullah bersabda, “Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi,” (HR Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi).

Baca Juga: Manfaatkan Seluruh Bagian Tubuh Ikan

Related News