• 20 April 2024

Anak Band Sukses Ternak Maskoki

"Disamping budidaya ikan mas koki, Gilang merupakan seorang musisi atau anak band"

JAKARTA - Budidaya ikan Goldfish atau Mas Koki yang berbahasa latin Carassius Auratus Auratus menjadi salah satu bisnis yang menyenangkan sekaligus menguntungkan.

Ikan mas koki memiliki bentuk tubuh yang lucu dan menggemaskan. Ciri dari ikan ini yakni bulat, memiliki sirip lebar, dan beberapa dari jenis ikan ini memiliki jambul.

Baca Juga: Breeding Mas Koki Bagi Pemula

Sejarahnya, ikan mas koki sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ikan mas biasa. Akan tetapi, manusia melakukan perkawinan silang. Akhirnya, saat ini dengan perkawinan silang tersebut. Jenis ikan mas koki semakin banyak.

Jenis yang paling populer seperti Oranda, Ranchu, Ryukin, Demekin, Black Moor. Ikan mas koki banyak di kembangkan di negara Cina dan Jepang. Nilai jual pada ikan ini berkisar jutaan hingga puluhan juta rupiah. Membuat ikan ini menjadi primadona di kalangan para kolektor ikan hias.

Lorentius Gilang, pemilik Farm Mas Koki Mina Seroja yang berada di daerah Pesanggrahan, Jakarta Barat mengaku budidaya ikan mas koki karena senang memelihara ikan hias Selain itu, bisnis budidaya ikan mas koki merupakan turunan dari orang tua nya.

Baca Juga: Memilih Mas Koki yang Sehat

“Cinta dengan ikan ini awalnya dari bapak. Waktu itu ada sepasang, akhirnya saya jatuh cinta pada ikan itu terus disuruh breeding sama dia. Tanpa tahu gimana cara breeding nya. Akhirnya saya coba-coba berhasil. Kenapa mas koki? karena dulu dari kecil memang suka dengan dua jenis ikan. Ikan mas koki dan koi,” ungkap pria yang akrab disapa Gilang tersebut.

Disamping budidaya ikan mas koki, Gilang merupakan seorang musisi atau anak band. Ia kerap memiliki hobi bermain gitar. Ia mengaku, bermula dari tahun 2016 ia mulai tertarik budidaya ikan mas koki. Hingga saat ini Gilang masih setia dengan ikan lucu nan menggemaskan itu.

Baca Juga: Kenali Penyakit pada Mas Koki

“Dulu sebenarnya sebelum bisnis ikan ini, saya pemain band. Bukan dari mas koki, melenceng jauh dari situ. saya lihat mas koki ini kok lucu gitu ya. Waktu itu cinta pertama saya itu ada di jenis Ranchu,” ucap pria yang juga hobi bermain bola ini. Kesuksesannya membudidaya ikan mas koki, membuat Gilang tergiur untuk bermain pada kontes ikan mas koki.

Ia memfokuskan dua jenis ikan kontes miliknya, yakni Ranchu dan Demekin. “Untuk anak millenial yang ingin terjun ke dunia bisnis ikan. Kalian harus tahu bahwasanya di Indonesia itu potensinya sangat besar di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan. Jadi saya saranin bagi yang mau mulai bisnis boleh coba sector-sektor tersebut karena prospek kedepannya bagus,” Tutupnya.

Baca Juga: Belajar Budidaya Ikan Mas Hias

Related News