• 28 April 2024

Ikan Hias Eksis Saat Pandemi

"Pandemi ini orang-orang banyak mencari hiburan, karena di rumah suntuk. Kondisi ini membuat ikan menjadi booming.."
 
KLATEN - Pandemi Covid-19 tak menyurutkan bisnis ikan hias. Pandemi Covid-19 membuat bisnis ikan hias malah makin bergeliat. Banyaknya aktivitas masyarakat di rumah membuat hobi memelihara ikan hias  kian digemari. Hal itu menjadi rezeki tersendiri bagi penjual.

Ikan hias tetap diminati masyarakat luas. Selain untuk menyalurkan hobi, memelihara ikan hias ternyata juga bisa menghasilkan berlipat secara ekonomi.
 
Baca Juga: Anak Band Sukses Ternak Maskoki

Pandemi Covid-19 dinilai berperan mendorong pertumbuhan bisnis di bidang budidaya ikan hias. Usaha ini terus naik dan memberikan keuntungan berlipat bagi pelaku usaha.

Seperti usaha yang dijalani Miftahul Jamal (45), pembudidaya ikan hias asal Desa Kradenan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten.

"Pandemi ini orang-orang banyak mencari hiburan, karena di rumah suntuk. Kondisi ini membuat ikan menjadi booming dan banyak yang cari ikan. Dapat berkahnya," ujar Jamal.
 
Baca Juga: Fakta Arwana Super Red

Di tengah pandemi ini, kata Jamal, permintaan ikan hias meningkat drastis, omzet rata-rata mencapai Rp 20 juta per hari. Sedangkan saat sebelum pandemi hanya Rp 5 juta per hari.

"Usaha ini sejak tahun 2002. Sampai sekarang sudah ada 60 jenis ikan hias seperti ikan koi, ikan mas, oskar, koki, cupang, lemon, cana, patin, dan masih banyak lagi. Permintaan saat ini paling ramai ikan cupang dan ikan cana," ujarnya.
 
Baca Juga: Makanan Alami untuk Ikan Hias

Salah satu pecinta ikan hias, Burhan (25), mengatakan, pandemi membuat kegiatan di luar rumah terbatas. Aktivitas banyak di lakukan di dalam rumah. Memelihara ikan hias menjadi solusi untuk mengisi kegiatan di rumah.

"Ini cari ikan buat dipelihara. Juga buat hobi. Buat hiburan di rumah saat pandemi ini," ujarnya.
 

Related News