• 13 June 2024

PMT Tutup Peringati Hari Buruh

uploads/news/2021/05/pmt-tutup-peringati-hari-45255c35cde63ae.jpg

"Pasar Mitra Tani Pasar Minggu tutup peringati Hari Buruh berdasarkan kebijakan libur nasional"

JAKARTA – Sahabat Tani pernah berkunjung ke pasar Mitra Tani?

Kementerian Pertanian terus mengupayakan kemudahan distribusi pangan melalui Pasar Mitra Tani di saat merebaknya pandemi Covid-19 hingga jelang puasa dan Idul Fitri.

"Ini sesuai petunjuk dari bapak Presiden agar semaksimal mungkin menyediakan pangan untuk masyarakat. Oleh karena itu, melalui Badan Ketahanan Pangan, kita kembangkan pasar mitra tani ini," ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo, mengutip dari laman resmi Kementerian Pertanian.

Selain memperluas pasar mitra tani, langkah strategis distribusi pangan yang dilakukan Kementan adalah mendekatkan produsen pangan ke daerah-daerah yang mengalami kekurangan pasokan.

"Negara hadir membantu kebutuhan pangan, Mendekatkan komoditas pangan ke pasar, dengan bgitu ketersediaan cukup," kata Mentan SYL.

Baca Juga : KKP Ekspor Ikan ke Singapura

Pasar Mitra Tani (PMT) yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta selatan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar karena komoditas yang dijual langsung dipasok dari petani dan distributor. Namun sayangnya, tepat pada Sabtu, 1 Mei 2021 bertepatan dengan Hari Buruh, PMT tutup sementara mengingat ikut memperingati hari buruh. Selain di Pasar Minggu, PMT di Bogor di Jalan Tentara Pelajar, Cimanggu, juga tutup pada Hari Buruh.

"Kebijakan kami, hari libur nasional tutup," kata Sub Koordinator Kelompok Jaringan Distribusi Pangan Kementerian Pertanian Yudhy Harsatriadi Sandyatma di PMT Pasar Minggu, mengutip dari Antara.

Baca Juga : Kopi Termahal dari Kotoran Gajah

Selain layanan pasar secara langsung tutup, pembelian secara daring yakni di Grab, Gojek dan Mitra Bukalapak juga tutup. Nantinya, Pasar Mitra Tani Pasar Minggu dan di Bogor akan buka kembali pada Minggu (2/5) mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

Berdasarkan harga komoditas harian yang diunggah di akun Instagram @pmt_jakarta, harga sejumlah kebutuhan pada Jumat (30/4) yakni cabai merah keriting per kilogram mencapai Rp30.000.

Baca Juga : Tips Merawat Arwana Super Red

Kemudian, bawang merah Rp25.000 per kilogram, bawang putih Rp20.000 per kilogram, gula pasar Rp12.000 per kilogram, cabai rawit Rp40.000 per kilogram, telur Rp21.500 per kilogram.

Selain itu, daging beku untuk ayam mencapai Rp34.000 per kilogram, sapi untuk semur Rp75.000 per kilogram, rendang Rp80.000 per kilogram, sop Rp70.000 per kilogram.

Baca Juga : Pertanian Modern di Tangan Milenial

Related News