• 30 April 2024

Ikan Giru yang Terancam Punah

uploads/news/2021/05/ikan-giru-yang-terancam-52051813f9bc8ef.jpg

"Fakta yang satu ini mungkin terdengar mengejutkan, tapi semua ikan giru memang terlahir sebagai jantan"

JAKARTA - Masih ingat dengan film  Finding Nemo? Film yang bercerita tentang Ikan badut yang harus berpetualang mengarungi lautan demi mencari anaknya yang hilang. sahabat tani juga bisa berpetualang menikmati keindahan bawah laut dan bercengkrama dengan ragam biodiversitasnya yang unik di perairan loh.

Namun, sahabat tani tau nggak sih nama asli ikan badut tersebut? Dalam bahasa Indonesia, ikan ini memiliki nama lain ikan giru. tetapi nama ikan badut atau clownfish memang lebih populer, karena warna cerah ikan ini konon mirip seperti kostum seorang badut. 

Baca Juga: Manfaat Besar Ikan Cucut

Ikan ini adalah ikan dari anak suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Benar 28 spesies yang biasa dikenal, salah satunya adalah genus Premnas, sementara sisanya termasuk dalam genus Amphiprion. Mereka tersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang agung Australia.

Di dunia bebas mereka bersimbiosis dengan anemon laut. Anemon hendak melindungi Ikan badut dari pemangsa dan Ikan badut hendak membersihkan Anemon dengan memakan sisa - sisa makanan Anemon. Ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar sampai panjang 18 cm, sementara yang terkecil hanya 6 cm.

Baca Juga: Bahaya Mengkonsumsi Kerang Hijau

Sahabat tani sudah tahu belum? kalau semua ikan giru itu jantan loh. Fakta yang satu ini mungkin terdengar mengejutkan, tapi semua ikan giru memang terlahir sebagai jantan. Ikan ini hidup dalam kelompok yang terdiri dari beberapa ekor. Dalam kelompok tersebut, ada 2 posisi teratas yang hanya bisa dimiliki oleh 2 ikan terbesar.

Ikan terbesar dalam kelompok tersebut akan menjadi berganti kelamin menjadi ikan betina yang tugasnya bertelur. Ikan terbesar kedua akan jadi pejantan subur yang tugasnya membuahi ikan betina. Sementara ikan-ikan lain hanya akan menjadi pejantan biasa yang tidak aktif secara seksual.

Baca Juga: Hewan Unik di Palung Mariana

Jika si ikan betina mati, maka si pejantan subur akan 'naik level' menjadi betina. Ikan jantan tidak aktif yang tubuhnya paling besar akan naik level pula menjadi pejantan subur. Dan begitu seterusnya. Wah unik ya sahabat tani? sayangnya spesies ikan gemas ini mulai terancam punah.

Kesuksesan film Finding Nemo membuat ikan badut menjadi salah satu ikan yang paling banyak dicari untuk dijadikan ikan hias. Sahabat tani mungkin juga pernah atau berniat memelihara ikan badut di akuarium. Tapi sebelum itu, ketahuilah bahwa memelihara ikan badut bisa merugikan bagi mereka loh.

Baca Juga: Kalabia, Berjalan di Gelapnya Lautan

Di laut, ikan badut bisa hidup sampai 10 tahun. Sedangkan jika dipelihara, harapan hidup mereka hanya 2 sampai 5 tahun. Jadi, lebih baik sahabat tani tidak memeliharanya ya. Memang, ikan ini sangat unik dan cantik. Tapi sekali lagi, lebih baik tidak usah memelihara mereka ya. Biarkan mereka menikmati hidup yang bebas merdeka di alam liar.

Related News