• 27 April 2024

Diet Enak dengan Jamur Tiram

"jamur tiram juga bisa dimasukkan dalam daftar makanan sehat untuk menu diet sehat"

JAKARTA -  Sudah tahu belum sahabat tani? kalau ada begitu banyak manfaat kesehatan jamur tiram yang sulit dipercaya loh. Jamur tiram mengandung beberapa nutrisi, vitamin dan mineral serta memiliki antioksidan dan antibiotik yang berkualitas. Ada berbagai jenis jamur dan obat, tetapi mereka semua memiliki satu kesamaan.

Menambahkan beberapa jamur tiram dalam makanan kita bukan hanya dapat memberikan rasa enak dalam makanan tapi juga akan memberi manfaat bagi kesehatan.  Jamur tiram membantu mencegah kanker payudara dan prostat, menurunkan kadar kolesterol darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan dan mengandung selenium untuk kesehatan tulang, kuku dan gigi.

Baca Juga: Guru Honorer Jadi Pembudidaya Jamur

Nyoman Wijaya, Petani jamur tiram asal Desa Bunar, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten ini, sudah membudidayakan jamur tiram sejak 2015 silam. ia mengatakan jamur tiram bisa diolah menjadi berbagai jenis menu makanan yang lezat. "Jamur tidak hanya memberikan anti bakteri dalam tubuh, mereka juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu tubuh meningkatkan kadar vitamin B-kompleks, vitamin A dan vitamin C. anti-oksidan melindungi sel-sel dan mencegah kerusakan sel yang mengarah ke penyakit kanker, dan masih banyak lagi. bagi sahabat tani yang diet jamur tiram ini bisa banget dijadikan menu makanan yang enak, bisa dijadikan capcay, sayur, atau bagi sahabat tani yang suka nyemil jamur tiram ini juga bisa dijadikan cemilan," Ujarnya. 

Baca Juga: Budidaya Jamur Tiram untuk Pemula

Jamur tiram memang saat ini bisa menjadi makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Jamur bisa menjadi sebagai lauk atau cemilan di waktu senggang. Salah satu cemilan jamur yang merupakan favorit adalah jamur crispy. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh karena jamur ini merupakan sumber dari gizi nabati dan tanpa kolesterol. Kolesterol seperti yang kita tahu memiliki kaitan erat dengan penyakit–penyakit kelas atas, seperti jantung, stroke, dan hipertensi.

Baca Juga: Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan

Berdasarkan hasil penelitian ternyata jamur tiram ini memiliki manfaat mencegah penyumbatan pada pembuluh darah sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan hipertensi. Selain itu, jamur tiram juga bisa dimasukkan dalam daftar makanan sehat untuk menu diet sehat, karena manfaatnya juga bisa untuk menurunkan berat badan.

Namun ada juga jenis jamur Shitake dan jamur Kancing. Sebagaimana diketahui, virus HIV mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh bagi penderitanya yang kemudian disebut dengan AIDS. Adapun kemampuan Jamur Shitake dalam menghambat HIV ini sebelumnya telah diuji dalam sebuah riset di Jepang.

Baca Juga: Ada Manfaat dibalik Jamur Ajaib

Nyoman juga menyampaikan jamur tiram ini juga merupakan salah satu jamur yang menjadi bahan baku dari kosmetik penghalus kulit. Jadi seharusnya wanita lebih dekat dengan jamur ini. "cara mendapatlan jamur ini sangat amat mudah, sahabat tani bisa kunjungi pasar terdekat atau kalau mau mencoba untuk membudidayakannya juga sangat saya sarankan karena mudah sekali," Tambah Pria lulusan Kesehatan itu.

Related News