• 21 July 2024

Jenis Ikan Penunda Lapar

uploads/news/2021/05/jenis-ikan-penunda-lapar-5718112dc4ea106.jpg

"Ikan merupakan salah satu makanan yang dipercaya sebagai pengontrol rasa lapar selama bulan ramadhan"

JAKARTA - Sudahkah sahabat tani makan ikan hari ini? Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak masyarakat agar tetap memenuhi asupan protein yang dibutuhkan saat menjalani ibadah puasa Ramadhan. Salah satunya dengan cara mengonsumsi ikan yang bisa mengontrol rasa lapar kita. 

Di bulan puasa, kita pasti membutuhkan asupan yang lebih mengenyangkan dari biasanya. Ikan merupakan salah satu makanan yang dipercaya sebagai pengontrol rasa lapar selama bulan ramadhan.

Kandungan protein dan omega-3 yang tinggi, menjadikan ikan sebagai menu favorit yang tersedia di meja selama bulan ramadhan. Lalu, Ikan apa saja ya yang bisa menunda rasa lapar? melansir dari kkp.go.id berikut jenis ikan yang bisa membuat kita kenyang lebih lama.

Baca Juga: Sejarah Ikan Mujair Ditemukan

Tenggiri

Ikan tenggiri menjadi makanan favorit di kalangan pencinta kuliner masakan laut. Ikan tersebut memiliki nilai gizi yang cukup tinggi dan rasanya yang sangat gurih. di Indonesia sendiir, banyak menu favorit yang bahan utamanya menggunakan ikan ini, seperti pempek, tekwan, dan masih banyak lagi. Selain mengenyangkan,  Ikan tenggiri memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan tekanan darah, berkat kandungan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) di dalamnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Atherosclerosis menunjukkan 12 orang laki-laki dengan hipertensi ringan dan diberi tiga kaleng makarel per minggu selama delapan bulan, mengalami penurunan yang signifikan pada tingkat tekanan darah.

Baca Juga: Manfaat Besar Ikan Cucut

Bandeng

Mengonsumsi tiga ons ikan bandeng memberikan 25 persen dari fosfor dan selenium yang harus dikonsumsi oleh sahabat tani setiap hari. Fosfor merupakan bagian integral dari oksigenasi sel darah merah, dan selenium sangat penting untuk fungsi tiroid dan kekebalan tubuh. Ikan bandeng juga mengandung sedikit kalsium, zat besi, kalium dan seng. Mengonsumsi ikan bandeng mengandung 20 persen lemak jenuh, 19 persen kolesterol, dan sembilan persen lemak total.

Baca Juga: Ikan Giru yang Terancam Punah

Tuna

Tuna adalah salah satu alternatif mehu sahur yang baik karena kaya akan kandungan protein. Juga sejumlah nutrisi penting seperti mineral selenium, magnesium, potasium, vitamin B kompleks. Tuna juga kaya akan kandungan omega-3 yang dikenal mempunyai banyak manfaat. Konsumsi ikan tuna yang kaya omega-3 bisa menjaga kesehatan mata. Omega-3 mencegah penurunan macular, suatu kondisi dimana penglihatan semakin memburuk dan akan kehilangan penglihatan pada usia d iatas 50 tahun. Selain itu, beberapa penelitian juga menyatakan konsumsi nutrisi ini mengurangi risiko penyakit mata lainnya.

Baca Juga: Ketika Sosiolog jadi Juragan Ikan

Patin

Ikan patin adalah jenis ikan tawar yang paling diminati masyarakat karena memiliki banyak kandungan vitamin, protein, dan mineral. Dibandingkan dengan ikan tawar lainnya, protein dan gizi ikan patin lebih tinggi. Kandungan gizi tinggi dalam ikan patin sangat berguna untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mencegah terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Perkasanya Ikan Patin Perkasa

Related News