• 19 April 2024

Lebaran Tiba, Perhatikan Asupan Kita

uploads/news/2021/05/lebaran-tiba-perhatikan-asupan-592176a80f02120.jpg

Dengan menghidangkan menu yang sehat serta konsumsi makanan sehat menjadi kunci utama agar tubuh tetap sehat saat merayakan hari raya"

Jakarta – Menjelang hari Raya Idul Fitri, biasanya identik dengan ketupat dan berbagai menu lauk pauk seperti opor ayam, rendang, sayur kacang, dan sebagainya. Dimana pada hari tersebut, umat islam merayakan setelah 30 hari berpuasa lebih dari 12 jam per harinya. Karena itulah, banyak dari sahabat tani yang merasa bebas untuk melahap berbagai jenis makanan sekaligus.

Namun, siapa sangka makanan tersebut membawa sumber penyakit jika dikonsumsi secara langsung dalam satu waktu. Dengan menghidangkan menu yang sehat serta konsumsi makanan sehat menjadi kunci utama agar tubuh tetap sehat saat merayakan hari raya. Untuk itu, Jagadtani.id telah merangkum sejumlah tips untuk menjaga pola makan sehat selama Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Beras yang Cocok untuk Ketupat

Sediakan Menu Sehat

Saat lebaran tiba, tentunya mengkonsumsi rendang, opor ayam, dan sayur labu menjadi ciri khasnya. Namun, bagi sahabat tani yang ingin menjaga pola makan tetap sehat dan mengandung gizi yang cukup perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsi saat hari Raya tiba. Dengan menyediakan menu sayur dan buah-buahan menjadikan tubuh tetap mendapatkan vitamin dan kebutuhan gizi pun terpenuhi.

Sediakan Camilan Sehat

Menyediakan cemilan sehat juga berguna untuk menambah kebutuhan asupan sehat tubuh. Dengan begitu, sahabat tani dapat mengontrol cemilan yang dimakan agar tidak berlebihan. Cemilan sehat membantu kenyang lebih lama sehingga sahabat tani terhindar dari konsumsi cemilan yang tidak sehat. Sejumlah varian cemilan sehat recommended yang dapat dikonsumsi seperti kacang kulit rebus, kacang almond dan buah-buahan segar ataupun puding.

Baca juga: Pilihan Salad untuk Seimbangkan Nutrisi

Kontrol Porsi Makan

Selama merayakan hari Raya Idul Fitri, sahabat tani tentunya ingin mencicipi semua jenis makanan. Dalam menjaga pola makan yang sehat, tentunya perlu mengontrol porsi makanan yang dikonsumi, tidak dengan sembarang melahap dalam jumlah yang banyak. Dengan menahan diri untuk memakan dengan porsi yang lebih sedikit tentu menjadi pilihan tepat. Seperti saat hendak memakan kue nastar sahabat tani cukup konsumsi dua butir saja. Jangan sampai sahabat tani terlena ingin memakan banyak camilan tinggi kalori karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: Lebaran Tiba Siapkan Qurban Berkualitas

Pilih Minuman yang Sehat

Selain makanan, selama lebaran berbagai minuman dingin berwana, maupun soft drink pun dihidangkan. Untuk menjaga diri dari kandungan gula berlebih, maka dengan membatasi jumlah minuman yang dikonsumsi agar tidak mengganggu kesehatan tubuh. Alangkah baiknya, meminum teh hijau sangat dianjurkan. Karena kandungan antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas pada tubuh. Untuk itu, selama merayakan hari Raya Idul Fitri, sahabat tani dianjurkan untuk memperhatikan makanan dan minuman yang ingin dikonsumsi, supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Baca juga: Cumi Raksasa untuk Berbuka Puasa

Related News