• 16 June 2024

Udang Hias, Pelengkap Aquarium Cantik

uploads/news/2021/05/udang-hias-pelengkap-aquarium-55668bc1d5b4609.jpg

"Selain kehadirannya yang mampu mempercantik tank aquascape, nyatanya udang hias juga dapat menjadi “cleaner” alami tank aquascape loh"

JAKARTA - Udang hias merupakan hal yang populer di kalangan penggiat aquascape. Udang hias berguna untuk mempercantik tampilan aquascape dengan warna dan motifnya yang bermacam-macam. Selain motifnya, perawatannya pun tidak begitu sulit dibandingkan pemeliharaan ikan pada aquascape. Jenis-jenis udang ini memiliki keunikannya sendiri dan berfungsi mempercantik aquarium sahabat tani.

Berbicara mengenai udang hias, di benak kita pasti akan muncul gambar aquascape dengan udang hias di dalamnya. Selain kehadirannya yang mampu mempercantik tank aquascape, nyatanya udang hias juga dapat menjadi “cleaner” alami tank aquascape loh. Udang hias tersebut memiliki peran ganda yakni sebagai algae eater/fauna pemakan alga. Baik alga yang menempel di dinding akuarium, permukaan tanaman, batu, dan kayu pelengkap tank aquascape.

Baca juga: Pilihan Pakan Berkualitas untuk Guppy

Hal yang perlu diingat sebelum memutuskan untuk menambah fauna udang di dalam tank aquascape adalah melihat apakah terdapat jenis ikan hias lain yang dapat memangsa udang hias. Beberapa ikan omnivora memiliki kecenderungan untuk menjadi karnivora seperti ikan bumble bee akan tetapi mereka tidak menyerang udang dengan ukuran yang setara atau lebih besar, melainkan akan memakan anak-anak udang yang berukuran jauh lebih kecil. Berikut beberapa jenis udang hias yang populer.

Red Cherry Shrimp
Udang hias berwarna merah pekat yang tidak asing lagi bagi penghobi aquascape karena memiliki warna yang menarik seperti buah cherry dan seolah-olah bisa menyala dalam gelap, udang hias asal taiwan ini bisa hidup pada suhu air 18-25,5 derajat.

Baca juga: Cianjur Untung Besar Budidaya Udang

Red Bee
Udang yang berasal dari negara jepang ini memiliki tubuh berwarna cantik antara merah dan putih. Red bee bisa bertahan pada suhu air dibawah 26 derajat dengan tingkat keasaman sekitar 6-7

Mandarin Shrimp
Udang ini bertubuh orange transparan yang disertaai bintik merah. Udang hias ini memiliki keunikan yaitu membersihkan tank aquarium dengan memakan alga serta kotoran-kotoran.

Baca juga: Makanan Alami untuk Ikan Hias

Black rili Shrimp
Udang ini didominasi warna hitam transparan dengan bintik di tubuhnya, serta bisa hidup di suhu air sekitar 18-28,5 derajat

Green Neon
Green neon adalah udang yang berwarna hijau mencolok. Warna udang ini cocok dengan aquascape berlatar hitam dan seolah menyala pada gelap malam

Baca juga: Tips Merawat Arwana Super Red

Related News