• 29 April 2024

Bonsai, Tanaman Unik Untung Selangit

uploads/news/2021/05/bonsai-tanaman-unik-untung-82580a6d5d01cb4.jpg

"Mantan pegawai bank mengaku hasil dari penjualan bonsainya ia bisa gunakan untuk membeli sejumlah kontrakan, kendaraan mewah, bahkan sampai menyekolahkan dua anaknya"

JAKARTA - Tahukah sahabat tani? Bonsai merupakan bentuk seni yang mengombinasikan teknik hortikultura dengan nilai-nilai estetika dari Asia. Walaupun namanya yang dikenal sekarang diambil dari bahasa Jepang, padahal seni ini lahir di China.

Sekitar 2.000 tahun yang lalu, orang-orang China percaya bahwa menciptakan miniatur alam akan memberikan mereka akses ke unsur-unsur magis dari alam itu sendiri. Perlu sahabat tani ketahui, serut atau streblus asper adalah pohon yang tumbuh di daerah kering seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, India, dan beberapa negara lainnya. Dengan ditanam di alam terbuka, pohon serut bisa tumbuh hingga ketinggian 15 meter.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Bonsai

Hingga akhirnya, seni mengerdilkan tanaman ini pun dilakukan oleh masyarakat Jepang. Dengan hubungan antara konsep zen dalam agama Budha dan pohon kerdil dalam pot mulai membentuk reputasi dan nilai estetika bonsai. Perlahan-lahan, seni bonsai yang tadinya terbatas di kalangan cendikia dan bangsawan pun mulai menyentuh masyarakat umum.

di Indonesia sendiri, Tanaman ini sudah banyak dibudidayakan di setiap daerah. Macam pohon yang di Indonesia yang bisa dijadikan bonsai adalah kelapa, serut, beringin, asem, dan masih banyak lagi. Tak sedikit pula pembudidaya bonsai ini meraup keuntungan yang sangat tinggi dari penjualan pohon kecil yang unik ini. seperti halnya yang dialami Ahmad yani, Penghobi bonsai sejak tahun 80-an ini mengaku banyak mendapatkan rejeki dari bonsai. 

Baca juga: Cara Sukses Membuat Bonsai Kelapa

"Jadi ceritanya saya itu memang dari kecil suka tanaman, nah karena saya hidup di Jakarta jadi untuk berkebun kan luamayan sulit akhirnya pada tahun 80-an pada saat saya masih SMP saya coba menanam pohon bonsai eh keterusan sampai sekarang. Waktu itu kenapa saya berpikir bonsai karena tanaman ini kan nggak perlu lahan yang luas dan bisa dimana saja asal ada sinar matahari," Pungkasnya.

Mantan pegawai bank itu juga mengaku hasil dari penjualan bonsainya ia bisa gunakan untuk membeli sejumlah kontrakan, kendaraan mewah, bahkan sampai menyekolahkan dua anaknya. Wah sangat menjajikan ya sahabat tani?

Baca juga: Bonsai, Perawatan Mudah Hasil Melimpah

"Ya Alhamdulillah hasil yang saya dapat dari penjualan bonsai ini saya punya kontrakan, kendaraan, dan kuliahin anak-anak saya. makanya saya memutuskan setelah pensiunan dari bank saya fokus di budidaya bonsai saja," Jelasnya. Bagaimana sahabat tani, ingin mencoba? 

Baca juga: Indahnya Merangkai Bonsai Kelapa

Related News