• 16 April 2024

Mengenal Airplants, Tanaman Tanpa Tanah

uploads/news/2021/05/mengenal-airplants-tanaman-di-19566a690e76fb4.jpg

"Tillandsia sebenarnya tetap membutuhkan air tapi memanfaatkan akar di udara"

JAKARTA - Apakah sabahat tani pernah melihat tanaman yang bisa hidup tanpa air dan tanah? Jika pernah tanaman itu biasa disebut Airplants atau Tillandsia. Dijuluki air plant, sebab tanaman ini hanya butuh media udara untuk tumbuh sehingga tidak memerlukan air. Tanaman ini memiliki bulu-bulu halus di sekelilingnya yang berfungsi untuk menangkap uap air dan debu-debu yang mengandung hara.

Untuk memperjelas apakah tillandsia benar-benar tidak memerlukan air dan tanah, Jagadtani.id telah mewawancarai pembudidaya tanaman hias, Muhammad Fikry Fuady. Pengelola Toko Tanaman hias Amellia Garden ini menjelaskan bahwa sebenarnya tillandsia tetap membutuhkan air hanya saja memanfaatkan akar di udara.

Baca juga: Kaktus, Si Mini Penghisap Debu

"Tillandsia ini sebenarnya tetap membutuhkan air tapi memanfaatkan akar di udara, Airplants ini memang dalam bahasa latin disebutnya tillandsia, tanaman yang masih berkeluarga dengan nanas-nanasan ini berasal dari famili Bromelia," Jelasnya saat dihubungi Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Walaupun bergelantung di udara bukan berarti tillandsia tidak butuh air dan sinar matahari karena mereka juga sama dengan tanaman lain. Namun kebutuhan airnya tidak seperti tanaman air lain yang harus di dalamnya, tillandsia membutuhkannya untuk sekadar 'minum'.

Baca juga: Tips Menanam Refugia, Pengusir Hama

Tanaman ini sangat cocok untuk sahabat tani yang ingin bercocok tanam namun tidak memiliki lahan yang kuas seperti di apartemen contohnya. "Tillandsia ini memang tidak membutuhkan lahan sama sekali, karena dia cukup digantung aja. cocok juga untuk yang sibuk bekerja karena tanaman ini nggak perlu perawatan khusus tetapi bagus untuk hiasan," Tambah pria yang akrab disapa Fikry itu.

Memang, Salah satu masalah dalam memiliki tanaman di rumah ialah lupa menyiramnya. Berharap mendapat manfaat kesehatan dan kesegaran, saat lupa menyiramnya tanaman bisa layu bahkan mati. Tak banyak diketahui, ternyata ada tanaman tillandsia selain kaktus yang bisa hidup tanpa air.

Baca juga: Tips Penyiraman Untuk Vertical Garden

Karena tumbuh di udara, tillandsia tidak membutuhkan tanah. Di alam liar, tillandsia juga menggantung begitu saja di pohon atau di akar. Dia 'makan' dari udara bukan mengambil nutrisi dalam tanah. Akar tillandsia akan 'berpegangan' pada benda tempatnya bergantung.

Sama seperti tanaman lainnya, tillandsia juga butuh cahaya matahari loh. "Jangan umpetin tanaman ini di dalam ruangan tanpa cahaya terus-menerus. jadi memang bagusnya ditaruh di teras atau balkon agar terkena paparan sinar matahari," Tambah Fikry. Tillandsia suka beberapa jam paparan sinar matahari setiap harinya agar tetap hidup. Tetapi ingat, tanaman ini tidak suka sinar matahari langsung.

Baca juga: Aglaonema, 'Tanaman Sultan' Asli Indonesia

Related News