• 5 February 2023

Rahasia Pertanian Israel Maju Pesat

uploads/news/2021/05/rahasia-pertanian-israel-maju-861231be976f6c9.jpg

"sektor pertanian di Israel adalah termasuk yang paling maju di dunia dengan produktivitas lahan yang sangat tinggi karena memanfaatkan teknologi canggih"

JAKARTA - Israel terkenal sebagai negara militer dan pernah perang besar melawan negara-negara Timur, Israel adalah negara tandus yang seringkali mengalami kekeringan dan kekurangan sumber daya air. Tak beda dengan negara bermusim panas lainnya, sektor pertanian di negara ini seperti tidak memberi harapan. lebih dari setengah daerah israel adalah padang pasir dan sulit ditanami sayur maupun buah. Israel didirikan pada 14 Mei 1948 di atas wilayah yang saat ini disebut sebagai Palestina pasca Inggris hengkang dari wilayah tersebut. Sebagaimana negara yang selalu rentan dengan konflik, bagaimana dengan kondisi ekonomi Israel?

Baca juga: Buah Zaitun Simbol Rakyat Palestina

Israel merupakan negara di kawasan Timur Tengah yang industrinya, terutama industri manufaktur, relatif paling maju sejak 1970-an. Di saat negara-negara Arab masih mengandalkan sumber uang dari minyak. Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Israel, majunya industri di negara itu tak lepas dari banyaknya tenaga ahli yang melakukan eksodus dari negara-negara Eropa selama pecah Perang Dunia II untuk menghindari persekusi.

Hingga tahun 1970-an, industri-industri yang sudah berkembang pesat di Israel antara lain pupuk, pestisida, farmasi, bahan kimia, plastik, dan logam berat. Pada tahun 2008, negara ini sudah memiliki industri manufaktur dengan jumlah pekerja mancapai 384.000 orang yang sebagian besar merupakan pekerja terampil. Dengan keterbatasan wilayah, di tahun 2008, Israel sudah memiliki 11.000 pabrik yang menghasilkan 58 miliar dollar AS, dan separuhnya di ekspor ke seluruh dunia.

Baca juga: Keunikan Pertanian di Papua

Bahkan selain industri manufaktur, sektor pertanian di Israel adalah termasuk yang paling maju di dunia dengan produktivitas lahan yang sangat tinggi karena memanfaatkan teknologi canggih. Israel merupakan satu di antara negara pengekspor alat-alat pertanian dan peternakan canggih terbesar secara global. Perusahaan teknologi Israel tumbuh sangat subur. Tahun 1980-an, banyak orang yang bekerja di Silicon Valley Amerika Serikat (AS) bermigrasi ke Israel.

Meski telah tinggal di Israel, warga Yahudi ini mendirikan pusat-pusat penelitian dan pengembangan untuk perusahaan-perusahaan teknologi AS, seperti Microsoft, IBM, dan Intel.Pada tahun 1990-an, para insinyur terampil juga berdatangan dari negara-negara bekas Uni Soviet sehinga membuat negara itu semakin diberkati dengan kelimpahan sumber saya manusia terampil.Negara Israel mencatatkan pertumbuhan industri teknologi sebesar 8 persen per tahun.

Baca juga: Pertanian Unik dari Seluruh Dunia

Perusahaan-perusahaan baru di sektor teknologi terus bermunculan bak jamur pada musim hujan. Kondisi ini membuat ranking penelitian dan pengembangan (R&D) Israel selalu menempati peringkat 10 besar dunia.

Sektor teknologi yang sebelumnya hanya menyumbang sebesar 37 persen dari produk industri meningkat menjadi 58 persen di tahun 1985, dan kembali meningkat jadi 70 persen tahun 2006. Hampir 80 persen produk berteknologi diekspor ke luar. Ekspor produk teknologi asal Israel meningkat empat kali lipat dari 3 miliar dolar AS tahun 1991 menjadi 12,3 miliar dolar AS tahun 2000, lalu menjadi 29 miliar dolar AS di tahun 2006.

Baca juga: Surga Kopi Arabika Cianjur

Related News