• 20 April 2024

Buah Delima, Si kaya Antioksidan

uploads/news/2021/06/buah-delima-si-kaya-886095252567769.jpg

Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan kurma dan delima,”

Jakarta – Buah yang satu ini identik dengan berwarna merah yang khas, buah ini dikenal sebagai buah sulit dikonsumsi. Ya, delima atau yang biasa disebut pomegranate adalah salah satu buah paling sehat di Bumi. Kandungan nutrisi dan manfaatnya begitu banyak, membuat delima dijadikan bahan dasar berbagai produk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Delima (Punica granatum) merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara yang di budidayakan di Timur Tengah dan tersebar ke Iran, India Timur, Amerika Serikat dan China. Sebenarnya, dalam Al-qur’an buah ini termasuk salah satu buah surga yang mana penjelasannya ada pada surah Ar-Rahman ayat 68 yang artinya “Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan kurma dan delima,”

Baca juga: Tips Jitu Budidaya Tanaman Lada

Sejarah mencatat, ribuan tahun lalu manusia sudah mengkonsumsi delima sebagai obat maupun makanan. Diperkirakan sejak zaman nabi Musa, buah delima telah ditanam di Hebron yang mana sebagai wilayah dari Israel masyhur. Selain itu pada peradaban Yunani kuno, Mesir dan Romawi telah dikenal sudah memanennya.

Buah surga ini memiliki rasa yang manis dan kulit buah tebal berwarna merah. Saat dibuka, akan tampak biji berwarna merah rubi (aril) yang sangat lezat. Faktanya selain enak dimakan, aril bisa dijadikan sebagai topping outmeal maupun salad.

Baca juga: Turunkan Kadar Kolesterol dengan Kangkung

Kandungan nutrisinya begitu banyak, mulai dari kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, gula, magnesium, fosfor, vitamin C, kalium dan masih banyak lagi. Sementara, aril buah delima mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk tubuh. Bahkan, saat buah delima di jus antioksidan di dalamnya akan meninggkat 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah (red wine) dan teh hijau.

Melansir dari Health Line, kandungan zat Punicalagin yang terdapat pada buah delima merupakan antioksidan dalam jus delima dan kulitnya. Selain itu, zat asam punat ditemukan dalam minyak biji delima, dikatakan sebagai asam lemak utama pada aril.

Baca juga: Diet Sehat dengan Buah Plum

Delima dikenal sebagai buah super yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari membantu menjaga berat badan, memelihara kesehatan jantung, melawan radikal bebas, menjaga kekebalan tubuh, meregenerasi kulit, melembabkan kulit dan sebagainya. Dalam hal medis, tentu tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi delima secara berlebih. Meski sehat dan aman dikonsumsi, tetapi kemungkinan sebagian orang alergi terhadap buah berwarna merah ini. Gejalanya bisa berupa gatal-gatal, hidung meler, ataupun pembengkakan di bagian tubuh tertentu,.

Related News