• 19 April 2024

Kreasi Mie dari Tepung Kedelai

uploads/news/2021/06/kreasi-mie-dari-tepung-35805452b5228fa.jpg

"kedelai merupakan sumber vitamin B, karena kandungan vitamin B1, B2, niasin, piridoksin dan golongan vitamin B lainya banyak terdapat di dalamnya"

JAKARTA - Kacang kedelai termasuk komoditas tanaman pangan yang memiliki peran strategis dalam ketahanan dan kedaulatan pangan nasional, kecukupan gizi penduduk, dan merupakan bahan baku industri olahan pangan. Kedelai termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang mempunyai nilai gizi cukup tinggi.

Sumber protein (35-45%), lemak (18-23%), karbohidrat (12-30%), air (7 %), vitamin, mineral dan serat yang paling baik. Bahkan pada varietas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 – 43%. Biji kedelai terdiri dari 7,3 persen kulit, 90,3 persen kotiledon (isi atau "daging" kedelai) dan 2,4 persen hipokotil. Kedelai mengandung protein rata-rata 35 persen, bahkan dalam varietas unggul kandungan proteinnya dapat mencapai 40 - 44 persen.

Baca juga: Unik, Pisang Rasa Es Krim

Protein kedelai sebagian besar (85 - 95 persen) terdiri dari globulin dan dibandingkan dengan kacang-kacangan lain, susunan asam amino pada kedelai lebih lengkap dan seimbang. Kedelai mengandung sekitar 18 - 20 persen lemak dan 25 persen dari jumlah tersebut terdiri dari asam-asam lemak tak jenuh yang bebas kolesterol.

Secara umum kedelai merupakan sumber vitamin B, karena kandungan vitamin B1, B2, niasin, piridoksin dan golongan vitamin B lainya banyak terdapat di dalamnya. Vitamin lain yang terkandung dalam jumlah cukup banyak ialah vitamin E dan K.
Mie kedelai adalah hasil olahan dari tepung kedelai yang dibuat mie.

Baca juga: Porsi Susu Untuk Orang Dewasa

Penambahan tepung kedelai dalam pembuatan mie berpengaruh nyata terhadap aroma, warna dan rasa mie. Warna mie lebih bagus dan mengkilat yang diperoleh dari warna alami kacang kedelai. Dalam 100 gr mie kedelai terdapat 55,31 gr karbohidrat, 17,66 gr protein, 9,74 gr lemak, 1,46 gr kadar abu dan 15,82 % kadar air.

Tahapan Pembuatan

Pertama, Cuci kedelai dengan air bersih, rendam kedelai dengan air bersih selama ± 6 jam, usahakan seluruh bagian kedelai terendam semuanya, Cuci kembali kedelai dengan air bersih, kemudian rebus selama ± 30 menit, Setelah itu cuci kembali sambil meremas remas kedelai dengan tangan untuk melepaskan kulit dari kedelai. Lanjut, tiriskan selama ± 15 menit, terakhir jemur kedelai dibawah sinar matahari 1 -2 hari.

Baca juga: Sulap Limbah Jadi Makanan Lezat

Pembuatan Mie

Mie merupakan produk pangan yang sebagian besar dikomsumsi oleh semua kalangan, mulai anak-anak sampai orang tua. Produk mie umumnya dibuat sebagai sarapan maupun sebagai makanan selingan. Bahan yang sahabat tani butuhkan yaitu, 200 gr Tepung Terigu, 50 gr Tepung Kedelai, 10 gr Tepung tapioka, 1 butir Telur ayam, 1/2 sdt baking powder, 12 sdt garam, 10 ml minyak goreng atau 2 sdm margarine, dan 70 ml air.

Related News