• 15 April 2024

Seberapa Jauh Entok Bisa Terbang

Iya dia bisa terbang jauh malah dari desa satu ke desa lainnya, ber kilo-kilo meter lah, tapi itu kejadian yang sangat jarang orang tau,

Tangerang – Saat mendengar jenis unggas satu ini, masyarakat Indonesia tentu sudah tidak lagi. Ya, entok atau mentok merupakan hewan yang sejenis dengan ayam, bebek, dan burung puyuh. Berasal dari famili Anatidae, hewan bernama latin Cairina moschata ini dikatakan sebagai ternak lokal dari jenis unggas air dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya.

Baca juga : Alasan telur Entok Tidak Dikonsumsi

Sejarah mencatat, entok berasal dari Amerika Selatan dan Tengah namun masih dipertimbangkan. Kini, entok telah tersebar ke seluruh belahan dunia di daerah tropis. Kata Entok berasal dari bahasa sunda, sementara mentok merupakan bahasa Jawa. Nama lain dari unggas ini ialah itik manila, itik serati dan surati. Dalam bahasa inggris, entok disebut Muscovy duck, asal kata tersebut diambil dari negara Moscow, dimana tempat tersebut adalah asal muasal entok berada sebelum diperkenalkan di Eropa Barat.

Baca juga : Gurih, Ini Khasiat Daging Entok

Nama itik manila berasal dari Manila Filipina, dimana saat itu entok pertama kali masuk ke Indonesia. Hingga kini namanya dikenal sebagai itik manila dan telah menjadi ternak lokal di Indonesia. Ciri-ciri dari unggas ini melakukan perkawinan di dalam kolam, senang beraktivitas di daratan, dan mampu terbang per KM (kilometer).

Baca juga : Pilihan Pakan Terbaik untuk Entok

Nugie Gremet, pengurus peternakan Gremet Farm yang berlokasi di Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten, membenarkan bahwa entok mampu terbang berkilo-kilo meter. “Iya dia bisa terbang jauh malah dari desa satu ke desa lainnya, ber kilo-kilo meter lah, tapi itu kejadian yang sangat jarang orang tau,” tuturnya kepada Jagadtani.id, saat ditemui di lokasi peternakan Gremet Farm.

Pria berdarah kelahiran Jawa ini menjelaskan bahwa entok akan terbang saat dirinya dalam bahaya. “Entok itu terbang saat mau dipotong, biasanya kalau begitu supaya dia nggak terbang harus diikat dulu kaki, dan sayapnya. Karena kalau nggak begitu, dia bisa terbang walaupun dalam keadaan berdarah-darah sekalipun,” ucapnya.

Baca juga : Mengenal Jenis-jenis Entok

Selain itu, ada beberapa faktor penyebab entok terbang. Salah satunya, karena ingin mencari pasangan. Saat peternak entok tidak menyediakan jantan yang cukup, maka entok betina akan terbang mencari pasangannya, sementara entok jantan akan terbang saat kekurangan betinanya. Supaya tidak terbang, ukuran 1 ekor jantan harus memiliki pasangan sekitar 5-8 ekor betina. Maka, agar peristiwa ini tidak terjadi, pastikan pasangan cukup, air minum juga tersedia dan pemenuhan pakan terpenuhi. Nah, untuk sahabat tani yang ingin beternak entok wajib tahu ini ya supaya entoknya tidak tiba-tiba terbang menghilang.

Related News