• 6 October 2022

5 Jenis Sapi Kurban Favorit

"Bentuk tubuhnya yang besar dan berotot berwarna cokelat dan corak putih menjadi salah satu jenis yang diburu masyarakat untuk berkurban. Bahkan, sapi jenis ini dipilih bapak Presiden Joko Widodo untuk di kurbankan loh."

Jakarta – Sahabat tani, tahu nggak sih kalau sebenarnya ada beberapa jenis sapi pilihan yang biasa dikurbankan pada hari Raya Idul Adha. Sebab, selain berat bobot penampilannya pun juga diperhatikan oleh sebagian pembeli. Mulai dari postur, wajah, ukuran bobot, tanduk, tinggi badan, kesehatan, usia sampai buntut sapi.

Umumnya, ada lima jenis sapi favorit yang biasa dijadikan kurban di hari Raya Idul Adha diantaranya Sapi Simental, Bali, Ongole, Madura dan Limousin. Untuk mengetahui lebih lanjut keistimewaan jenis-jenis sapi tersebut, berikut telah dirangkum dari berbagai sumber versi Jagadtani.id.

Baca juga: Melihat Sapi Kurban Pilihan Presiden

Sapi Simmental

Sapi jenis ini berasal dari Switzerland, merupakan hasil persilangan sapi Jerman besar yang breednya asli lebih kecil. Pemberian nama simmental sebab, berasal dari nama daerah petama kali ternak dikembangkan di lembah Simme terletak di Berner Oberland di Swiss. Sebenarnya terdapat beberapa breed sapi Eropa, nama Simmental sendiri diberikan khusus untuk jenis breed di Swiss, sedangkan di Australia dan Jerman dinamakan Fleckvieh dan Pie Rouge untuk di Perancis. Sapi tersebut dapat sahabat tani jumpai saat berkunjung ke peternakan hewan kurban. Bentuk tubuhnya yang besar dan berotot berwarna cokelat dan corak putih menjadi salah satu jenis yang diburu masyarakat untuk berkurban. Bahkan, sapi jenis ini dipilih bapak Presiden Joko Widodo untuk di kurbankan loh. Ciri khasnya ialah terdapat pigmen disekitar matanya berguna untuk mengurangi penyakit mata akibat terpapar cahaya matahari langsung.

Baca juga : Terong Jepang Obati Kanker Usus

Sapi Simmental memiliki kerangka besar yang berotot sekitar 135-150 sentimeter serta sapi jantan 150-160 sentimeter. Bobot nya yang bervariasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Jenis simmental betina memiliki berat sekitar 700-900 kilogram dan sapi jantan 1300 kilogram.

Sapi Bali

Sapi asal tanah air ini, termasuk sapi primadona yang banyak diburu masyarakat. Bahkan, permintaannya sempat meningkat hingga 30 persen di tahun 2019. Menurut Direktorat Perbibitan dan Produksi ternak, Sapi Bali merupakan hasil domestikasi banteng asli Indonesia, yaitu banteng Jawa. Domestikasi tersebut diperkirakan terjadi sekitar 3500 SM. Sapi Bali dikenal juga dengan nama Balinese cow, namun terkadang disebut dengan nama Bibos javanicus. Warnanya merah bata yang unik akan berubah menjadi hitam saat usianya sudah semakin besar. Sapi Bali asli memiliki bentuk dan karakteristik mirip dengan banteng. Karena penyebarannya dilakukan di Bali, maka Namanya pun jadi Sapi Bali.

Sapi Peranakan Ongole (PO)

Sapi PO ini merupakan jenis sapi Zebu berasal dari India. Sering disebut sebagai sapi putih atau sapi Jawa, sapi ini hasil persilangan dari pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina Jawa yang berwarna putih. Jenis sapi ini dikenal sebagai sapi pedaging dan pekerja yang disebarkan ke di Indonesia. Cirinya memiliki warna putih abu-abu dengan warna hitam disekeliling mata dan terdapat gumba serta gelambir besar yang bergelantungan. Saat berumur dewasa, sapi jantan memiliki berat badan sekitar 600 kilogram dan betina kurang lebih dari 450 kilogram, dengan bobot Sapi PO mulai 220 hingga 600 kilogram.

Baca juga : Ini Rahasia Pakan Sapi Berkualitas

Sapi Madura

Sapi Madura berasal dari di Pulau Madura dan sekitarnya. Jenis ini merupakan salah satu sapi lokal Indonesia, memiliki kesamaan bentuk dan genetik, yang mampu beradaptasi dengan baik saat dihadapai keterbatasan lingkungannya. Sapi ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan sapi asli atau lokal lainnya. Dipercaya sebagai bentuk kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia yang harus dijaga dan dipelihara kelestariannya. Sebab, dirinya yang tahan terhadap penyakit menjadikan hewan ini sangat dilindungi kelestariannya. Sapi tersebut mampu bertahan hidup dilingkungan tanah kering sekalipun. Berat badan sapi Madura bermacam-macam, dari yang rendah sekitar 300 kilogramdan yang berat sekitar 500 kilogram.

Sapi Limousin

Sapi limousin merupakan sapi yang berasal dari Perancis. Bentuk tubuhnya besar dan bobotnya bisa mecapai berkali-kali lipat. Sapi ini mampu bertahan hidup dengan kondisi perbukitan lokal dari tanah asam dan granit yang mengalami mineralisasi lemah, dan terdapat variasi suhu yang besar. Limosin adalah salah satu jenis sapi dengan ukuran paling besar. Ciri tubuhnya besar dan tinggi serta berbulu lebat berwarna coklat. Jenis sapi satu ini merupakan salah satu favorit yang dicari masyarakat untuk berkurban. Selain jenis simmental, limousin juga menjadi sapi pilihan Presiden Joko Widodo untuk dikurbankan. Sapi tersebut termasuk breed sapi besar yang mempunyai kerangka bertulang kuat. Sapi Limousin betina dewasa diperkirakan memiliki berat rata-rata 650 kilogram dan jantan dewasa 1000 kilogram.

Baca juga : Hewan-hewan Paling "Ngejreng" Di Dunia

Nah, itu dia beberapa jenis sapi pilihan yang paling dicari masyarakat untuk berkurban, jadi apakah sahabat tani sudah tentukan ingin memilih jenis sapi seperti apa?

Related News