• 5 May 2024

Mengenal Lili, Sang Ratu Dewa

uploads/news/2021/07/mengenal-lili-sang-ratu-17924fd5c5b5b89.jpg

"bunga ini sangat dihormati oleh masyarakat Yunani sekaligus menjadi simbol kemurnian, kebijakan, kesucian, keindahan, kemakmuran, persabatan serta pengabdian"

JAKARTA – Sahabat tani suka dengan bunga lili?

Bunga cantik yang satu ini, termasuk salah satu jenis tanaman hias yang banyak dikagumi oleh orang-orang Eropa. Bunga ini memiliki nama ilmiah Lilium spp yang termasuk dalam kategori tumbuhan berumbi. Kalau sahabat tani sering lihat bunga ini dipajang di suatu tempat, biasanya bunga ini dilambangkan sebagai bunga sukacita, kebahagiaan dan kesucian karena warnanya yang cerah, khususnya warna putih.

Nah, bunga Lili atau lilium telah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Lilium merupakan salah satu genus dari suku Liliaceae dan suku ini memiliki lebih dari 3000 jenis. Dalam mitologi Yunani, bunga lili atau bisa juga dipanggil dengan sebutan bunga bakung, dianggap berasal dari air ratu dewa. Sehingga, bunga ini sangat dihormati oleh masyarakat Yunani sekaligus menjadi simbol kemurnian, kebijakan, kesucian, keindahan, kemakmuran, persabatan serta pengabdian.

Baca juga Aksi KLHK Lepaskan Satwa Liar

Habitat utama bunga ini ialah di hutan, padang rumput, pegunungan dan sebagian lainnya ada yang mampu hidup di daerah rawa-rawa dengan suhu dingin. Bunga ini berasal dari wilayah bagian utara Eropa selanjutnya menyebar ke daerah Amerika Utara dan Jepang. Di tanah air sendiri biasanya didatangkan secara langsung dari luar negeri habitat asal bunga ini. Umumnya jenis Oriental Trumpet Asiatic dan Longilflorum.

Tak hanya itu, Lili juga termasuk kedalam kategori tanaman herba yang berumbi lapis. Bila kita telisik dari ciri-ciri morfologinya, bunga cantik ini memiliki ciri kelopak bunga yang berbentuk corong lancip saat belum mekar. Bunga lili juga memiliki kelopak yang didominasi warna putih. habitat yang cocok untuk bunga lili adalah tempat yang mengandung kadar asam yang seimbang.

Pada saat bunga lili mekar, sahabat tani akan tampak melihat bentuk bunga ini layaknya sebuah terompet. Warna bunganya pun sangat beragam tergantung dari spesiesnya. Ada yang berwarna putih, merah, jingga, kuning, ungu, biru, pink, kehitaman, tembaga, dan ada pula yang memiliki kombinasi warna dengan tambahan corak berupa bintik-bintik pada pangkal kelopak bunganya.

Baca juga Bunga Paling Harum di Dunia

Adapun beberapa jenis lili yang paling banyak ditanam oleh masyarakat antara lain Lilium canadense, Lilium auratum, Lilium regale, Lilium speciosum, Lilium bulbiferum, Lilium candidum, Lilium longiflorum, Lilium henryi, Lilium japonicum, Lilium tigrinum dan masih banyak lagi.

Related News