• 29 March 2024

Peluang Bisnis Cere di Indonesia

uploads/news/2021/07/peluang-bisnis-cere-di-83517199f12ac00.jpg

"ikan cere ini memiliki prospek usaha yang amat sangat terbuka lebar sehingga dapat digunakan untuk usaha kecil-kecilan yang bagus"

JAKARTA - Bisnis ikan cere terbilang masih jarang dikenal masyarakat. Padahal sebenarnya usaha ikan cere ini, memiliki peluang bisnis yang sangat bagus. Ikan cere atau Phalloceros caudimaculatus merupakan jenis ikan air tawar yang ada di daerah-daerah sungai atau rawa-rawa. Dalam dunia perikanan, ikan cere dikenal sebagai komoditi yang menguntungkan. Rasa dagingnya yang lezat dan gurih membuat harga jualnya mahal.

Ikan cere memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibanding ikan yang lain, terutama bagian 2 asam lemak esensial, DHA sebesar 4,74 % dan juga EPA sebesar 0,31 %. Kandungan lemak total yang terdapat pada daging ikan cere adalah sebanyak 2,55 % sampai dengan 3,42 %, yang mana asam lemak tak jenuhnya adalah lebih dari 50 %. Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang paling banyak terkandung di dalam tubuh ikan cere yaitu sebesar 8,43 %.

Berdasarkan hasil survey, kadar gizi di tubuh ikan cere yang berupa lemak tak jenuh (USFA di atas 50 %) teramat bagus untuk mencegah terjadinya resiko penyakit Kardiovaskular. Lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk meringankan besarnya kandungan kolesterol total dan kolesterol LDL yang terdapat pada darah sehingga bisa melawan penyakit jantung koroner.

Baca juga: Jenis Ikan Air Tawar Nokturnal

Apabila dilihat dari rendahnya kandungan lemak yang terkandung pada tubuh ikan cere ( 21-39 mg/100 gram), maka manfaat ikan cere amatlah bagus untuk Anda yang lagi melakukan program diet karena bisa mengurangi suplai lemak harian pada menu makanan.

Untuk menjalankan budidaya ikan cere, Anda wajib memperhatikan daerah yang akan ditempati. Tanah yang dipakai adalah tanah liat. Dengan jenis tanah liat, massa air yang besar tidak dapat bocor merembes ke dalam tanah sehingga bisa digunakan sebagai dinding kolam.

Untuk memudahkan pengairan, kemiringan tanah pada pembuatan ikan lebih baik memiliki kisaran antara dua sampai lima persen. Air yang digunakan merupakan air jernih dan terbebas dari bahan-bahan kimia dan juga limbah pabrik.

Jangan lupa untuk memasukkan larutan penghilang jamur agar air tidak mudah tercemar dengan jamur-jamur liar. Terkait suhu air, cukup menggunakan suhu biasa yaitu 26 hingga 28 derajat celcius. Untuk lebih memaksimalkan perkembangan Ikan cere, tingkat keasaman air harus berkisar antara PH 6,5 sampai 7.

Untuk melakukan budidaya ikan cere, pembudidaya juga harus memperhatikan makanannya. Meningat makanan merupakan salah satu sebab yang paling mempengaruhi pada pertumbuhan ikan cere. Makanan ikan yang diberikan kepada ikan cere adalah pelet, sahabat tani juga dapat menggunakan makanan alami seperti ikan, kerang, sisa dapur dan sebagainya.

Makanan lain juga bisa menjadi tambahan karena memiliki protein yang tinggi. Pakan diberikan pada ikan cere sebanyak 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore. Banyaknya takaran pakan adalah 3-5 persen dari total berat badan ikan cere, jumlah makanan akan berubah seiring berat ikan cere yang semakin besar. Untuk mengetahui bobotnya cukup ambil sampel 5-10 ekor ikan cere.

Baca juga: Obat Herbal Untuk Kesehatan Ikan

Dalam berjualan budidaya ikan cere, sahabat tani bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar atau langsung ke pengepul. Serta juga bisa memasarkan ikan cere ke pelaku bisnis produk yang membutuhkan jenis ikan ini. Patokan harga untuk budidaya ikan cere dapat sahabat tani buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp 20.000 hingga Rp 29.000. Ini tergantung dari harga ikan cere yang ada di pasaran. Keuntungan bila sahabat tani memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya ikan cere ini yakni merupakan bisnis peternakan ikan yang paling menguntungkan. Sebab pemasaran ikan cere terbilang mudah.

Ikan cere bisa tumbuh sampai cukup besar dan telah populer sejak jaman dahulu sebagai ikan pancingan atau juga sebagai ikan konsumsi. Bahkan apabila kita lihat kembali dari kacamata usaha, ikan cere ini memiliki prospek usaha yang amat sangat terbuka lebar sehingga dapat digunakan untuk usaha kecil-kecilan yang bagus. Bahkan makanan dari ikan ini lumayan sedap, karena jenis ikan tawar yang satu ini bisa digolongkan sebagai jajaran daging ikan yang lezat dan juga murah.

Sahabat tani bisa memasak ikan cere tersebut dengan cara presto, yaitu dengan cara menguapinya, dengan menggunakan uap air yang dipanaskan tersebut menjadikan aromanya sedikit berbeda dengan dikukus. Namun pastilah sebelum ikan mulai diuapi, terlebih dahulu ikan diberi bumbu menggunakan kunyit, garam, dan juga bawang putih.

Baca juga: Hiburan, Hiburan Saat Isoman

Related News