• 19 July 2024

Canggih, Aplikasi Plantix Pendeteksi Opt

uploads/news/2021/08/canggih-aplikasi-plantix-pendeteksi-210859585d00c35.jpg

"Aplikasi ini sangat berguna. Para petani memerlukannya,"

JAKARTA - Sekarang dengan berkembangnya teknologi 4.0 para petani tidak perlu khawatir dan kesulitan lagi untuk mendeteksi hama penyakit yang menyerang tanaman mereka. Cukup dengan memfoto tanaman yang terserang penyakit, kemudian mengunggahnya di aplikasi bernama Plantix yang dapat di download melalui google play. Kemudian secara otomatis aplikasi tersebut akan membaca foto tersebut dan memberikan informasi mengenai hama atau penyakit yang menyerang tanaman tersebut serta memberikan solusi cara penanganannya.

Bianca Kummer, salah satu pendiri Plantix, mengaku bahwa aplikasi itu sejak semula memang dimaksudkan untuk membantu petani kecil. Gagasan tersebut tercetus ketika dua pendiri aplikasi sedang berada di Brasil untuk melakukan penelitian doktoral.

"Ketika sedang berada di Brasil untuk melakukan pengujian di lapangan, para petani menyadari tidak ada yang menargetkan kebutuhan petani kecil di pedesaan yang seringkali kami resahkan seperti 'Apakah tanaman saya sehat?" dan "Jika tanaman saya sakit, apa yang harus dilakukan?' Karena itu aplikasi kami menargetkan kebutuhan petani dan mengurangi kerugian tahunan yang disebabkan penyakit dan hama," kata Bianca, mengutip pernyataanya dari BBC.

Baca juga: Kronologi Harimau Ragunan Terpapar Covid-19

Ketika kembali ke Jerman, kedua peneliti itu menghubungi rekan-rekannya dan mereka sepakat untuk membuat aplikasi Plantix pada ponsel mengingat penggunaan ponsel pintar kini sudah meluas sampai ke kawasan pedesaan sehingga para petani bisa mudah memakainya.

Kini, setelah dua setengah tahun Plantix diciptakan, aplikasi itu bisa mengenali ratusan jenis penyakit, mulai dari virus yang menyerang mangga sampai kekurangan nutrisi pada tomat.

"Saat ini kami bisa membedakan 240 penyakit tanaman dan di perpustakaan kami tersedia 400 jenis penyakit, cara mengatasinya, dan informasi lain tentang penyakit," tegasnya.

Baca juga Petani Milenial Itu Keren Loh

Lebih lanjut, Bianca menjelaskan hampir setiap jenis penyakit tanaman ada pola visualnya, apakah itu bakteri, virus, kekurangan nutrisi, serangan hama, hingga jamur. Dengan bantuan bank data dan pembelajaran mesin, algoritma pola-pola tersebut dapat diajarkan pada kecerdasan buatan sehingga penyakit tanaman bisa dideteksi.

"Kami menyimpan data berbagai jenis penyakit tanaman. Data ini berupa beragam foto tanaman yang terdampak penyakit. Foto-foto ini didapat dari para pakar serta pengguna aplikasi. Saat ini terdapat beberapa juta foto dalam data kami. Jika ada foto tanaman yang diunggah, dan pola penyakitnya cocok dengan data kami, maka pengguna mendapat respons secara instan dan otomatis," jelas Bianca.

Vijayaraju dan rekan-rekannya yang berprofesi sebagai petani mangga di Negara Bagian Telangana, India, mencoba aplikasi Plantix dengan mengambil foto daun mangga yang mereka tanam.

"Saya tinggal foto tanaman yang terkena penyakit di ladang, kemudian saya unggah di Plantix. Lalu secara otomatis penyakit tanaman itu ketahuan. Plantix juga menyediakan solusinya," kata Vijayaraju.

Baca juga Negara-Negara dengan Pertanian Tercanggih Sedunia

Bukan hanya Vijayaraju, petani lainnya dari Distrik Guntur, Negara Bagian Andhra Pradesh, Voruganti Surendra, menceritakan pengalamannya mengunakan aplikasi Plantix demi mengetahui jenis penyakit dan petunjuk bagaimana mengatasinya.

"Aplikasi ini sangat berguna. Para petani memerlukannya," ungkap Vorugati.

Bagaimanapun, aplikasi ini punya kelemahan. Untuk para petani Indonesia, belum tersedia bahasa Indonesia pada aplikasi Plantix, sehingga sahabat tani bisa menggunakan versi berbahasa inggris.

Bianca mengungkap bahwa tingkat keberhasilan Plantix dalam mengenali jenis penyakit tanaman mencapai 80% sampai 90%. Artinya, masih ada peluang aplikasi gagal mendeteksi penyakit tanaman. Jadi, untuk menjawab solusi atas kelemahan tersebut, terdapat forum diskusi didalam aplikasi tersebut agar para petani dapat bertanya lansung kepada para pakar tanaman yang tersedia di aplikasi Plantix.

Baca juga: Deteksi Perasaan Kucing Melalui Aplikasi

"Jika aplikasi kami tidak mampu mendeteksi penyakit, kami menawarkan fitur lain yang disebut komunitas Plantix. Kami lalu menghubungkan forum ini dengan para pakar dan sesama petani sehingga pengguna bisa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pertanian. Jika aplikasi tidak bisa mendeteksi jenis penyakit tanaman secara otomatis, pengguna bisa mengirimkan foto tanaman ke forum dan bertanya," tutupnya.

Related News