• 29 March 2024

Jaga Imun Dengan Mandi Empon-Empon

"Di Saung Herbal ini masyarakat dapat melakukan aktivitas mandi uap dari campuran herbal"

BOGOR - Empon-empon menjadi salah satu ramuan tradisional yang populer di tengah pandemi COVID-19. Minuman herbal dari bahan empon-empon ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan termasuk menjaga kekebalan tubuh.

Ramuan empon-empon saat ini tak hanya dijadikan minuman herbal. Contohnya, jahe, serai dicampur sirih digunakan sebagai bahan-bahan untuk sauna herbal. Program Saung Herbal ini diinisiasi oleh Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

"Ini inovasi dari Kelurahan Menteng dimana kondisi saat ini lonjakan masyarakat yang terpapar COVID-19 cukup tinggi, meskipun sekarang cenderung melandai, tetapi kita tetap harus waspada," kata Lurah Menteng, Afief Rachman Badrudin.

Untuk itu, ia membangun Saung Herbal ini sebagai salah satu upaya untuk membantu masyarakat di wilayahnya terutama yang tidak memiliki kemampuan di agar mereka tetap sehat dan terjaga kekebalan tubuhnya di tengah pendemi COVID-19.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal Cegah Covid-19

"Jadi ini sebagai alternatif kita selain memberikan bantuan seperti sembako dan sebagainya, kita buat upaya untuk memberikan bantuan secara herbal dengan membangun Saung Herbal bagi masyarakat yang memang kondisinya kurang sehat," ujarnya.

Di Saung Herbal ini masyarakat dapat melakukan aktivitas mandi uap dari campuran herbal. Selain Saung Herbal, Kelurahan Menteng juga membangun Rumah Singgah yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak terpapar saat keluarganya sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Bahan-bahan ini (sauna) alami, ada jahe, serai dan sirih. Bahan-bahan dimasukkan ke teko kemudian direbus. Uapnya dialirikan melalui pipa ke sini (ruangan sauna). Setelah diterapi, kita berikan juga minuman herbal yang bahan-bahannya ada jeruk dan daunnya, seucang, cengkeh, cabai dan lainnya," paparnya.

Baca juga: Resep Empon-Empon Penangkal Covid-19

Taknya di kelurahan, Arief berencana Saung Herbal secara bertahap akan ada di setiap Rukun Warga (RW). Hal ini menjadi upaya pihaknya dalam menjaga kesehatan masyarakat di wilayahnya.

"Selanjutnya ini tidak hanya diperuntukkan bagi yang tinggal di Rumah Singgah saja, kita kedepan akan road show dari RW01 sampai RW20 untuk membantu masyarakat. Yang sakit bisa sehat lagi dan yang sehat terjaga imunitasnya," paparnya.

Related News