• 23 April 2024

Shaun The Sheep Dunia Nyata

uploads/news/2021/08/shaun-the-sheep-dunia-53367e1f7b9c54a.jpeg

"Domba yang satu ini dijamin bikin gemas. Berwajah hitam dengan bulu putih, domba ini mirip sekali dengan film kartun Shaun The Sheep"

JAKARTA - Sahabat tani pecinta animasi pasti sudah tidak asing dengan serial Shaun The Sheep. Serial tentang Shaun yang memiliki kecerdasan seperti manusia, kreativitas, dan tingkah laku dalam lingkungan peternakan. Namun, apa jadinya jika domba yang ada di Shaun the sheep ini muncul di kehidupan nyata? Domba Valais blacknose alias domba berhidung hitam ini mirip sekali dengan film kartun Shaun The Sheep.

Ternyata seluruh tubuh domba ini berwarna hitam, kecuali bulunya yang berwarna putih. Tanduk domba yang habitat aslinya di Swiss ini berbentuk spiral. Bulu lebatnya membuat Valais blacknose jadi komiditi benang wol dunia. Domba ini sampai diternakkan di Inggris, Skotlandia, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Baca juga: Fakta Virus Hewan Menularkan Manusia

Domba yang satu ini dijamin bikin gemas. Berwajah hitam dengan bulu putih, domba ini mirip sekali dengan film kartun Shaun The Sheep. Tapi ternyata bukan cuma hidungnya, seluruh tubuhnya pun berwarna hitam. Yang putih hanya bulunya saja.


Dilansir dari berbagai sumber, domba ini memiliki tanduk yang berbeda dari domba lainnya. Bukan melengkung, tapi justru spiral.

Bulu lebatnya membuat Valais blacknose jadi komiditi benang wol dunia. Domba ini sampai diternakkan di Inggris, Skotlandia, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Karena tempat tinggal yang cukup ekstrem, Valais blacknose dapat hidup di tempat terjal. Ketahanan diri mereka di atas rata-rata domba lainnya. Dalam setahun, satu ekor domba Valais blacknose saja bisa memanen sampai empat kilo benang bulu. Bulu-bulu ini nantinya akan dijadikan benang wol yang digunakan untuk karpet dan pakaian tebal.

Selain bulu, domba ini juga bisa menghasilkan daging. Sehingga bisa dijual sebagai hewan ternak seperti sapi dan kambing. Sang peternak bisa untung berkali-kali lipat.

Baca juga: Enam Harimau Ragunan Jalani PCR

Karena bukunya yang tebal dan bentuknya yang lucu, domba tersebut yang masih berusia dua minggu sudah bernilai jual sangat mahal karena kelangkaan dan terlihat menggemaskan.

Seekor domba jenis Blacknose Valais biasanya bernilai jual 7.000 Pounsterling atau sekitar Rp 100 juta Namun jika domba berkualitas bagus nilainya menjadi 10.000 Poundsterling atau Rp 176 juta, 40 kali lipat dari harga normal domba biasa.

Related News