• 26 April 2024

Manfaat Jeroan Kambing Lezat Nikmat

uploads/news/2021/08/manfaat-kesehatan-konsumsi-jeroan-286609650c05183.jpg


Organ satu ini memiliki nutrisi baik dibandingkan bagian daging lainnya. Mengandung tinggi protein dan bermanfaat untuk tumbuh kembang sel serta perbanyakan nutrisi.”

JAKARTA – Sahabat tani, biasanya masyarakat Indonesia selalu mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Baik itu daging, sayur, buah-buahan dan yang lainnya. Faktanya, konsumsi makanan tertentu memiliki dampak positif dan negatifnya. Seperti kuliner satu ini yang hampir disukai oleh seluruh warga Indonesia. Jeroan namanya, makanan yang memiliki cita rasa lezat bila diolah secara benar, namun memiliki efek samping berbahaya bila dikosumsi secara berlebihan.

Jeroan kambing menjadi salah satu yang disantap dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Bagian-bagian jeroan yang biasa dikosumsi seperti hati, jantung, otak, limpa, sumsum tulang dan sebagainya. Untuk mengetahui manfaatnya apa saja yuk simak informasi berikut!

Baca juga : Dibalik Keutamaan Konsumsi Daging Kelinci

Hati

Hati merupakan bagian utama yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Organ satu ini memiliki nutrisi yang baik dibandingkan daging. Fuad Fathurahman, pemilik Jiwanta Farm yang berlokasi di Cibeunteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, menjelaskan bahwa hati merupakan salah satu organ yang banyak manfaatnya. "Kalau disini orang Bogor sebutan hati kambing itu hati cagak, dikenal mampu mengobati tekanan jantung, bisa memompa detak jantung jadi stabil," tutur Fuad, kepada Jagadtani.id, saat dihubungi melalui telepon.

Selain itu, hati kambing mengandung tinggi protein dan bermanfaat untuk tumbuh kembang sel sekaligus perbanyakan nutrisi. Kandungan lainnya berupa vitamin A, vitamin B12, zink, zat besi dan krimium. Bagi penderita anemia disarankan konsumsi hati kambing sebab, kandungannya mampu meningkatkan kadar hemoglobin darah. Pria kelahiran darah Sunda ini menyarankan bahwa "lebih baik mengkonsumsinya secara mentah karena efek manfaatnya dapat langsung terasa," tambahnya.

Jantung

Organ yang berperan penting dalam tubuh kambing ialah jantung. Memiliki kandungan nutrisi zink, asam folat, selenium, zat besi, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin B12. Peran penting dari jantung ialah mampu menambah produksi energi dalam tubuh. Selain itu kandungan asam folat berfungsi untuk proses kehamilan dan zat besi, zink serta selenium berperan penting sebagai mineral dalam tubuh.

Ginjal

Ginjal merupakan bagian yang dijadikan hidangan tertentu. Kandungan proteinnya tinggi, ginjal bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan pemenuhan kebutuhan nutrisi. Kerennya, ginjal juga mengandung asam lemak serta omega 3 yang mampu berperan untuk pertumbuhan otak. Selain itu, ginjal kambing ini dapat mengatasi peradangan pada tubuh.

Empedu

Salah satu organ yang memiliki khasiat baik untuk tubuh. Meskipun rasanya pahit, kandungan zat besi dari empedu diyakini oleh orang terdahulu untuk mengobati berbagai penyakit. Fuad mengatakan bahwa mengkonsumsi empedu dapat meningkatkan mental seseorang. Selain itu, empedu juga dipercaya dapat menambah kejantanan pria. Jadi untuk sahabat tani yang ingin diakui kejantanannya bisa coba mengkonsumsi empedu. Pria kelahiran tahun 94' ini menegaskan bahwa mengkonsumsi empedu harus hati-hati. "konsumsinya kalau untuk pengobatan lebih baik secara mentah supaya empedunya tidak pecah, karena konsumsi empedu sangat sakral," tegasnya.

Baca juga : Asupan yang Berperan sebagai Imunostimulan

Pankreas

Pankreas atau limpa adalah organ pencernaan yang berperan penting dalam penghasil enzim pencernaan. Pada organ ini dikenal sebagai bagian yang sering digunakan dalam masakan padang sehingga baik untuk dikonsumsi. Kandungannya yang setara dengan ginjal, pankreas memiliki nutrisi asam lemak dan omega 3. Manfaat yang terdapat pada pankreas ialah mampu menjaga imunitas tubuh supaya dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Otak

Otak menjadi salah satu hidangan populer di Indonesia. Di Yogyakarta otak dijadikan makanan khas warga jogja dengan diolah menjadi hidangan otak kambing bacem. Mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah kerusakan tulang belakang. Selain itu, terdapat kandungan nutrisi lainnya seperti fosfatidilkolin dan fosfatidilserin yang berperan baik untuk kesehatan saraf. Namun, pada penderita kolesterol dan darah tinggi, konsumsi otak kambing sangat tidak dianjurkan sebab mengandung lemak jenuh yang tinggi dan berbahaya.

Baca juga : Cegah Anemia dengan Makanan Sehat

Babat dan Usus

Bagian terakhir yang sama manfaatnya dengan organ lainnya ialah babat dan usus. Pada babat dan usus merupakan bahan hidangan yang mimiliki cita rasa nikmat dan lezat. Kandungan nutrisi pada babat ialah tinggi probiotik dan gelatin dapat menyehatkan pencernaan, serta bagian usus yang mengandung glutamine dan gelatin berperan penting sebagai pencegah terjadinya diare dan terjadinya perforasi (lubang) usus.

Untuk memaksimalkan manfaat pada jeroan, sebaiknya agar dicuci bersih terlebih dahulu sebelum memasaknya. Selain itu, buat hidangan yang lebih sehat seperti dikukus maupun direbus, agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak berkurang maupun hilang. Untuk kebutuhan pengobatan, seperti yang disarankan Fuad, lebih baik mengkonsumsinya secara mentah supaya efeknya lebih terasa ya, sahabat tani.

Related News