• 2 May 2024

Tips Merawat Anak Ayam Bangkok

uploads/news/2021/08/tips-merawat-anak-ayam-4939001dd3dd09e.jpg

"Saat ayam baru menetas diperlukan hanyalah kehangatan dari suhu yang pas, sebab bulu-bulunya yang belum terlalu banyak bisa menyebabkan ayam mati kedinginan"

JAKARTA - Dikalangan hewan peliharaan, ayam termasuk hewan yang mudah beradaptasi dan bisa hidup dimana saja. Namun, berbeda dengan ayam bangkok yang merupakan ayam sabung. Butuh perawatan secara khusus agar fisik dan mental ayam bangkok dapat terpelihara dengan baik. Agar ayam bangkok dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya di atas arena laga.

Seperti diketahui, telur ayam akan menetas setelah dierami sekitar 21 hari. Pasca penetasan, bayi ayam bangkok harus cepat dipindahkan ke wadah atau ruang yang hangat. Perawatan sejak dini pun harus dilakukan secara tepat oleh sang pemelihara. 
Rubby Ferdiansyah atau yang dikenal Rubby Pakhoy Penghobi sekaligus peternak ayam-ayam petarung asal Cikeas, Gunung Putri, Bogor. Ia memberikan Tips bagaimanamerawat ayam bangkok baru menetas.

Baca juga: Tips Mengatasi Ngorok/Flu Pada Ayam

"Merawat anak ayam bangkok dari nol sampe satu bulan cukup sediakan kandang yang hangat di desain dengan tertutup menggunakan triplek dan penghangatan dibantu lampu bohlam yang 12 wat kemudian untuk perawatannya sebaiknya si anak ayam itu disimpan dikandang terus sampai usianya satu bulan lebih," ujarnya.

Bagi Rubby penghangatan pada anak ayam yang baru menetas adalah faktor utama yang membuat si ayam tumbuh sehat. Karena saat ayam baru menetas diperlukan hanyalah kehangatan dari suhu yang pas sebab bulu-bulunya belum terlalu banyak, bisa menyebabkan ayam mati kedinginan.

Baca juga: 3 Jenis Ayam Petarung Termahal

"Nah kalau pakan ayam bisa gunakan jenis pakan tepung, biasanya saya pakai pur halus yang usia nol sampai 10 hari atau nol sampai dua minggu. dua minggu ke atas biasanya saya gunakan pakan yang benentuk crumbel lalu jangan lupa sediakan air minum harus 24 jam karena penghangatan butuh cairan banyak dan jangan lupa dicampur dengan vitamin airnya," jelas pria yang pernah bekerja di Thailand itu.

Rubby menambahkan pemberian vitamin dan nutrisi juga menjadi bagian penting dalam merawat anak ayam bangkok. "Pastikan juga setelah menetas usia tiga hari untuk meningkatkan antibodi si ayam sebaiknya di berikan vaksin tetes, untuk mencarinya mudah, itu sudah banyak dijual di toko-toko unggas," tutupnya.

Related News