• 25 April 2024

Bearded Dragon, Idaman Pecinta Reptil

"Bearded dragon merupakan kadal yang berasal dari Australia. Hewan yang satu ini digemari untuk dipelihara karena sifatnya yang ramah, serta memiliki keindahan dan keunikan tersendiri dalam tubuhnya"

JAKARTA – Reptil merupakan salah satu hewan yang dianggap sulit dalam pemeliharaanya dan terkenal hewan yang galak. Tidak sedikit masyarakat yang takut memegang reptil. Namun, ternyata tidak semua reptil itu galak loh sahabat tani.

Salah satu reptil ini menjadi incaran para pecinta reptile. Ya, Bearded dragon merupakan kadal yang berasal dari Australia. Hewan yang satu ini digemari untuk dipelihara karena sifatnya yang ramah, serta memiliki keindahan dan keunikan tersendiri dalam tubuhnya.

genus reptil yang berisi enam spesies kadal yang sering dikenal dengan nama umum naga berjenggot. Nama "naga berjanggut" mengacu pada bagian bawah tenggorokan kadal, yang dapat berubah menjadi hitam dan membusung karena beberapa alasan, paling sering karena stres, atau jika mereka merasa terancam.

Bearded dragon termasuk kedalam jenis hewan omnivor. Namun hewan ini bukan untuk pemula loh sahabat tani. Jika ingin memelihara bearded dragon ini tentunya kamu harus sudah faham ya tentang per-reptilan. Karena menurut refo, perawatan bearded dragon ini tidaklah mudah, dan bukan untuk pemula.

Baca juga: Khasiat Luar Biasa Jus Wortel

“Perawatan dia dari gurun Australia jadi harus sering dijemur setiap hari, makan dia dikasih sayur, serangga, kadang juga dikasih buah sehari dua kali itu pun belum cukup, kita harus bisa ngasih kebutuhan calcium, vitamin, dan lain-lainnya, buat kandangnya juga butuh lampu penghangat ditambah lampu uva dan uvb,” ucap Refo pada Jagadtani.id belum lama ini.

Tempat tinggal Bearded dragon sebenarnya sama saja dengan hewan reptil lainnya, bisa menggunakan akuarium, box, dan lain-lainnya. Hanya perawatannya saja yang harus lebih ekstra.

Refo yang sudah memelihara reptile sejak tiga tahun, gak hanya bearder dragon yang ia pelihara, ada juga panana, gecko, dan hewan lainnya. Namun hewan lainnya hanya sekedar senang memeliharanya. Tapi khusu hewan reptil ia bisa jadikan sebagai bisnisnya, salah satunya yang sudah berjalan yaitu gecko.

“Kalau buat gecko saya fokus untuk diperjual belikan. Keuntungannya bisa satu sampai dua juta perbulan, tergantung ada beberapa gecko yang ingin dijual,” ujar Refo,

Baca Juga: Tips Memelihara Arwana Jardini

Related News