• 27 April 2024

Cara Menjinakkan Ayam Bangkok Galak

uploads/news/2021/08/cara-menjinakkan-ayam-bangkok-4481448590bfb86.jpg

"Kandang ayam tempat ayam tinggal di dalamnya juga perlu dibersihkan. Karena kandang atau tempat yang tidak bersih tentu akan mengganggu kenyamanan ayam saat beristirahat"

JAKARTA - Ayam yang memiliki sifat pemarah atau galak terhadap manusia atau hewan lain biasanya karena kondisi stres yang memang dapat dialami oleh semua jenis ayam peliharan, baik yang sudah jinak maupun yang masih liar.

Ketika Ayam peliharan mengalami kondisi stres, baik secara fisik maupun emosional, metabolisme fisiknya akan merespon dengan cara mengaktifkan sistem syaraf ayam. Sistem syaraf ayam merupakan salah satu sistem dalam tubuh ayam yang bisa mempercepat denyut jantung, mengerutkan pembuluh darah, dan menaikkan tekanan darah.

Peternak Ayam bangkok Rubby Ferdiansyah atau yang lebih dikenal dengan Rubby Pakhoy akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi ayam yang galak agar menjadi jinak tapi sebelumnya, pria satu anak itu akan menyampaikan apa penyebab ayam bisa mengalami stres berlebih.

Baca juga: Mengenal Rembo, Ayam Galak Upin&Ipin

"Ayam bisa stres itu penyebabnya pertama, yaitu jarang interaksi dengan manusia, selain itu dikarenakan ada tindakan yang membuat si ayam takut dan marah. Meskipun rata-rata kejadian semacam ini hanya pada ayam bangkok, tapi dapat terjadi pula pada jenis ayam kampung, kate, broiler, dan ayam lainnya," pungkasnya.

Rubby bercerita jika dirinya mempunyai ayam yang memiliki sifat pemarah yang ia beri nama Rembo. Ayam tersebut ia rawat sedari kecil dan saat ini sangat nurut kepadanya. "Saya punya ayam yang dikenal samaorang itu galak, suka mukul orang jadi saya beri nama rembo karena karakter galaknya mirip ayam yang ada di kartun Upin&Ipin dan sekarang si Rembo nurut sama saya dan juga anak-anak kandang yang lain," jelasnya.

Baca juga: Tips Merawat Anak Ayam Bangkok

Rubby menyampaikan untuk mengatasi ayam galak seperti itu sebaiknya kita pelan-pelan memberikan perhatian pada sang ayam dan menjinakannya. Kita tidak bisa memaksakannya untuk bertarung atau membiarkannya galak seperti itu karena dapat membahayakan orang-orang disekitarnya dan juga membahayakan ayam bangkok lainnya.

"Pertama, kita harus rawat dia dari kecil, kita jemur setiap hari, lalu bersihkan kandang. Kandang ayam tempat ayam tinggal di dalamnya juga perlu dibersihkan. Karena kandang atau tempat yang tidak bersih tentu akan mengganggu kenyamanan ayam saat beristirahat. Selanjutnya mandikan setiap hari dan ketika memberi makan usahakan kita sendiri yang nyuapin agar dia peka terhadap kita," ujar pria yang pernah bekerja di Thailand itu.

Baca juga: Rahasia Pakan Ayam Cepat Gemuk

Related News