• 18 July 2024

Waspadai Penyakit Berbahaya Pada Kelinci

"Makanan yang benar itu untuk kelinci bukan kangkung dan wortel.."

JAKARTA - Sebagai peternak yang baik kita seharusnya dapat mencegah terjadinya penyakit yang dapat menyerang kelinci peliharaannya. Tetapi terkadang kita sudah merasa melakukan perawatan yang baik dan melakukan pencegahan terhadap penyakit namun masih tetap saja kelinci yang kita ternak terserang wabah penyakit.

Penyakit biasanya menyerang karena beberapa faktor seperti kondisi kandang dan lingkungan kandang yang tidak bersih, cuaca bahkan faktor dari hewannya sendiri pun bisa. Hal itulah yang biasanya menjadi penyebab penyakit menyerang. Maka dari itu diharapkan peternak dapat mengantisipasi penyakit tersebut dengan melakukan pertolongan pertama. Agar efek yang ditimbulkan ketika ke;linci terserang penyakit tidak begitu serius.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Kandang Jangkrik

Rizky Halim, Peternak Kelinci yang berlokasi di Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan memberi tahu apa saja penyakit-penyakit yang paling sering dialami kelinci dan cara mengobatinya. Tpi sebelumnya Rizky akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara yang baik dalam merawat kelinci. "Bagi orang awam memelihara kelinci itu sulit karena katanya cepat mati padahal sebenarnya nggak juga. Gampang mati karena kita yang nggak bisa ngerawatnya. Cukup di kasih makan terus di kasih minum, karena banyak yang beranggapan keilnci itu kalau di kasih minum mati nah itu 100% salah, semua makhluk hiudp itu butuh air termasuk kelinci," ungkapnya.

Pria lulusan pondok pesantren itu juga mengatakan makanan yang baik untuk kelinci bukanlah wortel atau kangkung. "Makanan yang benar itu untuk kelinci bukan kangkung dan wortel. Dua makanan itu hanya sebagai pendamping saja. Makanan pokok yaitu rumput karena kandungannya serat nah untuk protein biasanya pakai pelet," ujarnya.

Baca juga: Membedakan Kelinci Sehat dan Sakit

Kelinci yang awalnya terlihat sehat, bisa saja sewaktu – waktu terkena penyakit. Untuk penyakit yang diderita kelinci biasanya berbagai macam jenisnya. Peternak perlu mewasapadi hal tersebut dengan cara menerapkan pola pemeliharaan yang baik dan benar. Bagi Rizky Salah satu faktor tersebut adalah menjaga kebersihan kandang kelinci serta lingkunganya.

"Penyakit kelinci itu sebenarnya banyak tapi yang paling sering dialami ya mencret, kembung, obatnya biasanya kalau saya dikasih sirup nipural itu untuk umur empat bulan kebawah dan jangan lupa tiap hari dikasih vitamin," tutupnya.

 

Related News