• 18 April 2024

Tips Pakan Kelinci Berkualitas

Makanan yang bagus itu bukan kangkung, wortel, apalagi kartun-kartun memberikan statement kalau kelinci itu makan wortel, padahal salah,”

JAKARTA – Memelihara kelinci merupakan hal menyenangkan bagi setiap orang. Pasalnya, kelinci adalah hewan lucu menggemaskan yang memiliki bulu indah. Namun, sebenarnya perawatan kelinci membutuhkan perhatian khusus. Apalagi, perlu memperhatikan pemberian pakan pada kelinci yang tidak boleh sembarangan.

Baca juga : Waspadai Penyakit Berbahaya Pada Kelinci

Rizky Halim, owner Rizky Halim Rabbitry yang berlokasi di Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, membegikan tips untuk memberikan pakan yang baik untuk kelinci. “Makanan yang bagus itu bukan kangkung, wortel, apalagi kartun-kartun memberikan statement kalau kelinci itu makan wortel, padahal salah, makanan itu bukan makanan pokok,makanan pokok kelinci itu rumput hay. Hay juga banyak jenisnya kalau saya pakai rumput hay timothy,” pungkasnya kepada Jagadtani.id, saat ditemui di kandang kelinci miliknya.

Rumput hay timothy itu kandungannya serat, sedangkan jenis alfalfa hay itu mengandung protein. Biasanya alfalfa itu untuk junior atau yang sedang menyusui. Karena kelinci butuh banyak serat untuk menyeimbangkan proteinnya biasanya pakai pelet. Jadi serat dan proteinnya seimbang,” lanjut pria kelahiran 1994 itu.

Baca juga : Dibalik Keutamaan Konsumsi Daging Kelinci

Faktanya, kandungan tinggi protein dan kalsium pada rumput alfalfa dan daun semanggi bersifat kering membuat masalah ginjal serta kantung kemih kelinci berumur tua. Perlu dicatat, bahwa kelinci itu memiliki sistem pencernaan sensitif sehingga pemberian pakan yang baik sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang kelinci. Artinya, saat nutrisi tidak seimbang maka akan mengakibatkan masalah serius pada ususnya.

Rizky menerangkan pemberian pakan pelet sebaiknya dibatasi. Dengan pemberian dalam jumlah sedikit akan memenuhi kebutuhan nutrisinya, sedangkan jika memberikan pakan secara berlebih, menyebabkan obesitas serta gigi akan bertumbuh banyak. Untuk itu, sebaiknya ikuti aturan pemberian pakan kelinci terlebih dahulu sebelum ingin memeliharanya agar tidak membahayakan hewan lucu tersebut.

Baca juga : Peternak Muda, Sukses Ternak Kelinci

Namun, pemberian pakan rumput kering tidak dibatasi. Sebab, pakan tersebut merupakan penting untuk kelinci sehingga, para peternak kelinci sering memberikan banyak pakan rumput kering setiap harinya. Baik bayi kelinci maupun yang dewasa membutuhkan pakan rumput kering dalam jumlah tak terbatas.

Related News